Rekomendasi Anime Mahou Shoujou Yang Wajib Kamu Tonton!

Artikel Lainnya

- Iklan -

Anime News Plus – Mahou Shoujou, yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai “Magical Girl”, merupakan sub-genre anime di mana tokoh utamanya adalah perempuan yang memiliki kemampuan sihir atau kekuatan magis.

Dalam artikel ini, penulis akan membagikan beberapa rekomendasi anime yang tidak hanya berdasarkan pengetahuan penulis, tetapi juga pengalaman pribadi penulis yang telah menonton dan menikmati setiap tayangan tersebut.

Daftar Rekomendasi Anime Mahou Shoujou

Shuumatsu no Izetta

shuumatsu no izetta

Rekomendasi anime mahou shoujou yang pertama, Shuumatsu no Izetta, yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai “Izetta the Last Witch” dan dalam bahasa Jermannya “Izetta Die Letzte Hexe”, adalah sebuah anime yang menarik. Cerita ini mengisahkan tentang Izetta, seorang gadis penyihir, yang ditangkap oleh tentara Germania. Saat pihak Germania berencana menjadikan Izetta sebagai aset untuk penelitian mereka, ia berhasil melarikan diri. Dalam pelariannya, Izetta bertemu dengan Ortfine Fredericka von Eylstadt, putri kerajaan dari Kerajaan Eylstadt.

Kerajaan Eylstadt adalah musuh utama Kerajaan Germania. Menariknya, Izetta ternyata merupakan teman masa kecil Ortfine Fredericka, yang akrab dipanggil “Fine”. Setelah menyadari hubungan mereka, Izetta bertekad untuk memanfaatkan kekuatan sihirnya guna melindungi Eylstadt dari ancaman Germania yang berusaha menguasai wilayah tersebut.

- Iklan -

Anime ini berlatar pada tahun 1939, yang bertepatan dengan awal Perang Dunia Kedua. Karakter utama, Izetta, meskipun merupakan seorang penyihir, tidak sesuai dengan stereotip penyihir pada umumnya yang sering kali digambarkan terbang menggunakan sapu ajaib. Sebaliknya, Izetta terbang dengan menggunakan senapan rifle tipe PTRS-41 yang berlaras panjang. Meskipun senjata ini menyerupai sapu ajaib, sebenarnya ia adalah senjata dengan teknologi canggih yang berasal dari era Perang Dunia Kedua. Selain PTRS-41, Izetta juga mengandalkan beberapa senjata laras panjang lainnya untuk membantunya terbang. Penting untuk dicatat bahwa Izetta memiliki kemampuan untuk menggunakan senjata-senjata ini, bukan hanya sebagai alat untuk terbang, tetapi juga untuk berperang.

Shuumatsu no Izetta pada dasarnya adalah gabungan antara genre militer dan sahou shoujou. Aspek militer terlihat dari kisah yang berkisar pada perang, dengan banyaknya keterlibatan unit-unit militer seperti tank dan senjata api. Di sisi lain, elemen mahō shōjo muncul dari karakter utama yang merupakan seorang gadis dengan kekuatan sihir. Selain itu, konflik yang terjadi di akhir cerita pun menampilkan pertarungan antara para penyihir, sehingga menambah kedalaman alur cerita.

Detail tambahan

Shuumatsu no Izetta digarap oleh Studio Ajja-Do dan merupakan seri anime original. Anime ini dirilis pada 1 Oktober 2016 dan memiliki total 12 episode. Tiap episodenya memiliki durasi kisaran 25 menit. Opening dari anime ini berjudul “cross the line” yang dinyanyikan oleh AKINO with bless4.

- Iklan -
Sumber: tranimeLL

Puella Magi Madoka Magica

puella magi madoka magica

Rekomendasi anime mahō shōjo yang selanjutnya adalah Puella Magi Madoka Magica atau yang biasa disingkat Madoka Magica. Ini merupakan anime mahō shōjo pertama dalam daftar ini yang memiliki plot twist yang sangat mengejutkan. Tokoh utamanya, Kaname Madoka, adalah seorang gadis SMP yang pada awal cerita menjalani kehidupan seperti anak-anak seusianya. Segalanya mulai berubah secara drastis ketika ia bertemu dengan Kyuubey, makhluk asing yang berbentuk kucing.

Madoka memiliki sebuah geng di sekolahnya yang berisikan Akemi Homura, Sakura Kyouko, Tomoe Mami, dan Miki Sayaka. Selain Akemi Homura, ketiga temannya itu merupakan teman lama Madoka. Sedangkan Akemi Homura atau yang bisa dipanggil Homura merupakan seorang siswi transfer baru yang ditempatkan satu kelas dengan Madoka.

Kyuubey, sang alien berwujud kucing ini merupakan entitas yang mampu membuat kontrak dengan para gadis-gadis untuk menjadi seorang Mahou Shoujo. Tetapi konsep Mahou Shojou dalam kontrak dengan Kyuubey merupakan sesuatu yang bersifat suram. Yaitu para gadis tersebut jika ingin menjadi seorang Mahou Shoujo harus “menjual” jiwanya. Jika ingin mengetahui yang dimaksud dengan “menjual” jiwa, bisa kalian saksikan langsung animenya.

Pada awal mula ketika Madoka bersama teman-temannya telah menjalin kontrak sebagai Mahou Shoujo dengan Kyuubey, yang mereka lakukan adalah berpetualang membasmi monster-monster yang bermunculan disekitar kota tempat mereka tinggal dan bersekolah. Seiring berjalannya waktu, terdapat hal-hal yang ternyata lebih luar biasa lagi. Hal itu yang membuat banyak penonton anime tersebut paham bahwa Kyuubey pada hakikatnya mempunyai agenda jahat tersendiri. Agenda yang terkait dengan alasan ia membutuhkan para mahou shoujo tersebut yang merupakan Madoka dan gengnya.

Selebihnya merupakan spoiler, maka dari itu silahkan tonton animenya langsung agar lebih bisa menghayati cerita dan twistnya. Artstyle yang digunakan anime ini memang kelihatan seperti anime moe tetapi jika kalian telah menyaksikan cukup jauh, kalian mungkin akan berganti pandangan.

- Iklan -
Detail tambahan

Madoka Magica digarap oleh Shaft dan sama seperti Izetta, merupakan serial anime original. Tiap episodenya memiliki durasi kisaran 24 menit. Anime memiliki episode hanya 12 buah tetapi terdapat 3 movie yang merupakan sekuel dari 12 episode tersebut. Opening dari anime ini berjudul “Connect” yang dibawakan oleh ClariS.

Satu fakta menraik tentang anime ini yaitu jalan ceritanya ditulis oleh Gen Urobuchi yang merupakan storywriter dari Fate/Zero dan Psycho-Pass.

Sumber: AniplexUS

Senki Zesshou Symphogear

senki zesshou symphogear

Senki Zesshou Symphogear atau yang dapat disebut Symphogear saja merupakan anime yang secara tersirat bergenre mahout shoujou. Dalam dunia Symphogear, para gadis-gadis yang terpilih untuk menggunakan perlengkapan-perlengkapan kuno yang bernama “symphogears”, menggunakannya untuk melawan monster-monster yang disebut “Noise”. Sumber utama kekuatan mereka adalah nyanyian lagu. Maka dari itu, secara konsep anime ini bercerita tentang “Song” yang membasmi “Noise”.

Dalam ilmu musik di dunia nyata, sebagaimana kita pahami bahwa “noise” merupakan gangguan suara yang merusak atau mengurangi kualitas dari suatu lagu. Dalam perkembangan teknologi alat-alat music pun, semakin lama semakin sedikit atau bahkan sama sekali tidak ada lagi “noise” dalam music atau lagu yang kita dengar sehari-hari.

Tokoh utama dari anime ini yang bernama Tachibana Hibiki merupakan tipikal gadis SMA sebagaimana di anime-anime mahout shoujou kebanyakan.  Hibiki mulanya merupakan gadis yang tidak memiliki kemampuan seperti para pemilik symphogear lainnya. Kekuatan symphogear hanya dimiliki oleh mereka yang memang terpilih untuk mengendalikan kekuatan tersebut. Namun, Hibiki karena suatu kejadian di masa lalunya, turut mampu membangkitkan kekuatan dari symphogear padahal tidak ada orang satupun yang mengetahuinya.

Dengan bangkitnya kemampuan symphogear tersebut, Hibiki akhirnya bekerja sama dengan Tsubasa Kazanari yang merupakan seorang wanita yang lebih senior dibanding Hibiki tentang menggunakan kemampuan tersebut. Hibiki seiring berjalannya waktu bertemu dengan para pengguna symphogear lainnya dan bersama-sama turut membasmi “Noise”.

Symphogear merupakan satu-satunya dalam list ini yang memiliki sekuel dan sekuelnya pun terhitung banyak. Seri pertama dari series ini adalah Senki Zesshou Symphogear, dilanjutkan dengan Senki Zesshou Symphogear G, Senki Zesshou Symphogear GX, dan ada beberapa lagi. Setiap serinya memiliki kurang lebih 13 episode.

Detail tambahan

Anime ini digarap oleh Studio Satelight dan Encourage Films, merupakan serial anime original juga. Tiap episodenya berdurasi kisaran 23 menit. Seri Symphogear yang paling pertama dirilis pada 6 Januari 2012.

Seluruh opening dari anime ini dinyanyikan oleh Nana Mizuki. Beberapa diantaranya yaitu “Synchrogazer”, “Vitalization”, “Exterminate”, dan “Testament”.

Sumber: 戦姫絶唱シンフォギアYouTube Official Channel

Youjou Senki

youjo senki

Youjou Senki atau yang dalam judul bahasa inggrisnya yaitu “The Saga of Tanya the Evil” merupakan anime mahout shoujo kedua dilist ini yang kuat dengan genre militernya. Tanya Degurechaff adalah seoarang gadis cilik yang pada mulanya merupakan seorang salaryman normal di dunia nyata. Karena suatu insiden, sang salaryman terbawa ke dunia yang penuh dengan hal-hal mistis namun pada hakikatnya memiliki beberapa persamaan dengan dunia asalnya.

Terdengar seperti anime isekai memang, tetapi sang salaryman di dunia asing ini tidak tiba-tiba terpindahkan dalam kondisi masih seorang salaryman. Melainkan, ia memulai segalanya dari ia dilahirkan di dunia baru tersebut dan pada usia yang masih terhitung anak-anak, sang salaryman yang sekarang berkelamin perempuan dan bernama Tanya Degurechaff tersebut mengikuti  tes “magic aptitude” dan dinyatakan punya kemampuan sihir yang cukup berpotensi dalam membantu  militer “The Empire” yang pada dasarnya merupakan Jerman.

Youjou Senki berlatar pada perang dunia kedua sebagaimana Shuumatsu no Izetta. Setelah Tanya bergabung dengan militer meski dengan usianya yang sangat belum cukup, ia mengikuti segala pelatihan dan perlahan-lahan menaiki pangkat-pangkat di militer. HIngga akhirnya dia menjadi komandan dari sebuah Mage Battalion. Karena Tanya diberkati dengan kemampuan sihir dan bertarung yang hebat, ia menjadi salah satu unit yang ditakuti oleh para lawannya dalam perang.

Ironisnya, meski ia diberkati dengan kelebihan yang begitu hebat, ia merupakan seseorang yang membenci “Being X” yang pada dasarnya adalah Tuhan bahkan setelah ia dihidupkan kembali di dunia yang berbeda untuk bertobat.

Tetapi jika kita mengesampingkan fakta tersebut, anime ini termasuk salah satu anime dengan konsep yang cukup unik sebab menggabungkan isekai, military, dan mahou shoujo. Perlu diketahui pula bahwa lawan-lawan Tanya pun juga memiliki keahlian sihir.

Detail tambahan

Youjou Senki digarap oleh Studio Nut dan anime ini merupakan proyek debut mereka. Terdapat total 12 episode dan sebuah movie. Tiap episode memiliki durasi kisaran 24 menit dan anime ini dirilis pada 6 Januari 2017. Opening dari anime ini berjudul “JINGO JUNGLE” yang dinyanyikan oleh MYTH & ROID generasi lama.

Sumber: KADOKAWAanime

Kamichama Karin

kamichama karin

Kamichama Karin adalah anime yang dapat dikatakan pure mahou shoujou dalam list ini. Anime ini meski terlihat memiliki art style seperti mungkin dibuat sebelum abad ke-21, pada kenyataannya anime ini dirilis setahun setelah beberapa anime populer seperti Fate/Stay Night (2006) dan Code Geass R1.

Anime ini juga sempat dibroadcast di salah satu saluran televisi Indonesia sekiranya 2 tahun setelah anime ini selesai airing di Jepang, yaitu pada 2009. Perkiraan tersebut tentu mengacu kepada kapan penulis pertama kali menemukan anime ini di saluran televisi Indonesia tersebut.

Kamichama Karin bercerita mengenai seorang gadis SMP yatim piatu bernama Hanazono Karin yang memiliki seorang teman dekat laki-laki bernama Kuujou Kazune. Karin dan Kazune memiliki persamaan yaitu sama-sama yatim piatu.

Anime ini bermula dengan tema ringan yang lebih condong ke romance dan slice of life tetapi secara berkala menjadi serius dan suram namun tak separah Madoka Magica. Karin memiliki sebuah cincin peninggalan orang tuanya yang ternyata dapat merubah dirinya menjadi bukan sekadar Mahou Shoujou tapi Megami atau Dewi.

Kazune dan beberapa temannya di sekolahnya pun juga memiliki cincin yang dapat merubah mereka bukan sekadar Mahou Shoujou atau Mahou Shounen tetapi Dewa dan Dewi. Hingga bagian climax point dari storyline nya tidak dijelaskan darimana cincin tersebut berasal, siapa yang membuatnya, dan apa alasannya. Yang jelas terdapat beberapa dewa dewi yang mengangkat mitologi Yunani dalam anime ini seperti Athena, Apollo, Zeus, Poseidon, dan Aphrodite.

Banyak plot twist yang terdapat dalam anime ini, dan yang terparah adalah plot twist dari permulaan cincin-cincin tersebut dibuat, tujuannya, dan siapa pembuatnya. Pembahasan lebih lanjut akan menjadi spoiler, maka dari itu dapat kalian saksikan dan nikmati sendiri animenya.

Detail tambahan

Kamichama Karin digarap oleh studio yang sama dengan Symphogear yaitu Studio Satelight. Anime ini merupakan adaptasi dari manga. Terdapat 26 episode dan sama sekali tidak memiliki prekuel, sekuel, ONA, OVA, atau Movie. Tiap episodenya berdurasi 24 menit dan pertama kali tayang pada 6 April 2007.

Sumber: Reina Himemiya

TL;DR (Too Long Didn’t Read)

Shuumatsu no Izetta memiliki genre yang tidak hanya berfokus kepada mahout shoujo tetapi juga konflik militer perang dunia kedua dan memiliki total 12 episode. Madoka Magica bergenre pure mahou shoujo dengan berbagai macam twist yang cukup gila dan memiliki total 12 episode beserta 3 movie sekuel. Symphogear secara tersirat memiliki konsep mahou shoujo karena pemilik kemampuan “symphogear” seluruhnya adalah wanita dan symphogear merupakan sebuah kemampuan sihir dari peradaban kuno. Namun secara pembawaannya menjadikannya lebih ke sci-fi. Symphogear juga memiliki sekuel terbanyak di list ini.

Youjou Senki turut memiliki unsur militer sebagaimana Izetta. Meski demikian, tokoh utamanya, Tanya Degurechaff memiliki watak antagonis dan pada hakikatnya protagonis dari anime ini sebetulnya sekaligus antagonisnya. Kamichama Karin merupakan anime dengan genre pure mahou shoujo kedua dalam list ini dan anime yang umurnya lebih tua dibanding lainnya.

Lihat rekomendasi anime lainnya oleh AnimeNewsPlus

Kamichama Karin pun memiliki alur cerita yang mulanya ringan dan secara cepat tereskalasi menjadi berat dengan berbagai twist layaknya Madoka Magica. Anime ini tidak memiliki sekuel atau movie layaknya Shuumatsu no Izetta, namun memiliki total episode terbanyak dalam sekali airing yaitu 26 episode. Selain itu, Kamichama Karin berada dibawah naungan studio yang sama dengan Symphogear dalam produksinya.

- Iklan -
0 0 votes
Penilaian Artikel
Langganan
Beri tahu tentang
guest
0 Komentar
Dulu
Terbaru Terbanyak Terpilih
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar
- Iklan -

Terbaru

0
Beri komentar, gratis tanpa buat akun!x
()
x