Anime News Plus – Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan ulasan-review mengenai game indie open world yang bisa dibilang cokup populer, yaitu No Man’s Sky. Dalam artikel ini, saya akan membandingkan berbagai versi game ini, yaitu No Man’s Sky Versi 2016, 2018, 2020, dan 2024. Mengapa saya memilih untuk membandingkan empat versi ini? Karena game ini pertama kali dirilis pada tahun 2016, saya membeli dan mulai memainkannya pada tahun 2018, kembali menjelajah di tahun 2020, dan akhirnya baru saja memainkan versi terbarunya di tahun 2024, saat artikel ini ditulis.
Namun, kita akan fokus pada dua periode perbandingan, yaitu No Man’s Sky versi 2018 dan No Man’s Sky versi 2024. Untuk No Man’s Sky versi 2016, saya akan menjelaskan sebagian dari referensi dalam pengantar artikel ini, sehingga kita dapat melihat betapa buruknya kualitas game ini saat pertama kali diluncurkan. Pada saat itu, bisa dibilang ini adalah salah satu penipuan terbesar dalam industri gaming.
Sebagai klarifikasi, pada tahun 2018, saya hanya menghabiskan kurang dari 10 jam untuk bermain game ini karena saya merasa permainan tersebut sangat membosankan. Di tahun 2020, waktu bermain saya juga terbatas di bawah 60 jam, di mana saya lebih memfokuskan diri pada mode kreatif untuk membangun pangkalan atau markas, mengingat minat saya terhadap game itu menurun setelah kurang dari 4 jam bermain. Oleh karena jeda waktu yang cukup panjang dan kemungkinan banyak aspek yang telah terlupakan, saya akan lebih fokus untuk membahas versi 2024.
Gambar tangkapan layar yang terdapat dalam artikel ini diambil menggunakan MOD khusus untuk memberikan tampilan yang lebih menarik pada permainan yang saya mainkan. Namun, gambar-gambar yang termasuk dalam bagian Eksplorasi Planet dan video peperangan Melawan Kapal Induk Luar Angkasa & Gerakan Dalam Game mempertahankan tampilan asli dari versi Vanila game. Hal ini dilakukan agar kejelasan ulasan yang saya sampaikan lebih sesuai dengan pengalaman aslinya.
Tabel Konten Review
Tentang No Man’s Sky & Hello Games
Game No Man’s Sky
No Man’s Sky adalah sebuah game yang dirilis pada tahun 2016 dengan tema eksplorasi luar angkasa, yang dikembangkan oleh Hello Games. Game ini menawarkan dunia terbuka yang sangat luas, di mana pemain dapat menjelajahi galaksi yang kaya akan planet, flora, fauna, dan kehidupan alien, semuanya dihasilkan secara prosedural. Pemain dapat terlibat dalam berbagai aktivitas, seperti mencari sumber daya, bertahan hidup, bertempur, dan membangun pangkalan.
Hello Games, Siapa Mereka?
Hello Games adalah studio pengembang game independen yang berlokasi di Guildford, Inggris. Didirikan pada tahun 2008 oleh Sean Murray dan sejumlah rekan, studio ini dikenal karena inovasinya dalam industri game, terutama melalui karya monumental mereka, No Man’s Sky. Meskipun awalnya mereka mencuri perhatian dengan game arcade kecil berjudul Joe Danger, popularitas mereka melambung tinggi setelah merilis No Man’s Sky.
No Man’s Sky versi 2016, Seberapa Buruk?
Saya adalah salah satu saksi dari penipuan yang luar biasa ini yang terjadi pada tahun 2016. Beruntungnya, saya tidak melakukan pre-order untuk game tersebut, dan saya sangat bersyukur karena tidak membeli game dengan harga penuh, yaitu Rp 800.000, pada saat itu.
Apa Benar Seburuk Itu?
Sangat – sangat mengecewakan. Bahkan, ketika saya mengingat hal itu lagi, saya merasa bersyukur karena tidak membeli dengan harga pre-order atau harga penuh setelah peluncuran.
Saya akan daftarkan di bawah ini hal bohong yang tidak ada gamenya:
- Fitur Multiplayer yang Hilang. Ini adalah salah satu kekecewaan terbesar bagi para pembeli.
- Variasi Planet dan Kehidupan Alien yang Hambar. Trailer menunjukkan banyak planet dengan ekosistem beragam dan makhluk unik. Namun, kenyataan besar planet mirip, dengan flora dan fauna yang monoton, tak sesuai dengan yang dijanjikan.
- Penipuan Grafik. Trailer awal menunjukkan grafik mengesankan dan detail halus. Namun, setelah rilis, pemain merasa kualitas grafis tidak sesuai harapan, dengan elemen terlihat jauh lebih sederhana untuk harga game setara kelas AAA.
- Sistem Pertarungan dan AI yang Membosankan. Trailer menampilkan pertempuran yang tampak seru dengan berbagai jenis pesawat luar angkasa dan makhluk. Namun, pada rilis, banyak pemain mengeluhkan bahwa sistem pertempuran terasa datar dan AI musuhnya sangat terbatas, jauh dari harapan yang dibangun oleh iklan.
- Eksplorasi dan Ukuran Galaksi. Game ini dipromosikan dengan galaksi besar yang tak terhingga, sampai bisa dikatakan mengeksplorasi semuanya tampaknya tidak mungkin. Walau ukuran galaksinya besar, banyak pemain menganggap pengalaman eksplorasi terasa kosong dan tidak memuaskan, karena planet-planetnya serupa dan kurang konten menarik.
- Tidak Ada Tujuan atau Cerita yang Jelas. Tujuan dari permainan ini tidak jelas; maksud saya, tidak ada alur cerita yang berarti. Akibatnya, game terasa sangat monoton, bahkan narasi yang disampaikan pun tampak datar. Kamu seolah bermain hanya untuk terbang ke sana ke mari tanpa ada alasan yang jelas.
- Kustomisasi dan Perkembangan Kapal. Dalam trailer, dijanjikan kemampuan untuk mengkustomisasi kapal luar angkasa. Namun, saat rilis, opsi kustomisasi yang tersedia sangat terbatas dan proses pengembangan kapal tidak sekompleks yang diiklankan.
- Fitur Ekonomi yang Terbatas. Trailer menunjukkan sistem ekonomi yang lebih kompleks dengan perdagangan dinamis antara pemain dan faksi. Namun, kenyataannya, sistem perdagangan yang ada cukup sederhana, tidak sesuai dengan harapan akan kedalaman.
- Keterbatasan Pertarungan Antar Kapal dan Kapal Besar Luar Angkasa, serta Pertempuran Antar Sistem Bintang. Dalam trailer, tampak seolah-olah akan ada pertempuran antar bintang yang sangat epik, melawan kelompok pembajak, serta adegan kejar-kejaran menggunakan mesin warp hole. Namun, kenyataannya semua itu tidak ada. Semua kapal besar luar angkasa yang ditampilkan hanya berdiri diam tanpa aktivitas. Bahkan, pertempuran antar kapal pun terkesan sangat sederhana.
- Tidak Ada Sistem Faksi yang Ditampilkan. Dalam beberapa wawancara, Sean Murray mengungkapkan bahwa faksi dalam permainan akan berfungsi untuk menciptakan pengalaman interaksi antarplanet yang dinamis. Namun, kenyataannya, sistem ini ternyata sangat sederhana dan tidak sesuai dengan yang telah dijanjikan.
- Fitur base building yang Terbatas. Salah satu fitur yang dijanjikan adalah kemampuan untuk membangun basis di planet yang dipilih. Meskipun ditambahkan, banyak pemain merasa opsi awal tidak cukup mendalam dan tidak sesuai harapan.
- Kebohongan Pusat Galaksi. Karena kekurangan konten dalam game, pemain akhirnya hanya memiliki satu tujuan, yaitu mencapai pusat galaksi yang terletak sangat jauh, hingga ratusan ribu tahun cahaya. Namun, setelah tiba di tempat tersebut, apa yang sebenarnya terjadi? tak ada hal yang menarik. Pemain akan terlepar ke galaksi baru, lalu hanya akan mengulang permainan dari awal.
Itu dia daftar kebohongan yang dapat saya sampaikan setelah menyaksikan gameplay seseorang pada saat itu. Kamu dapat melihat trailer di bawah ini. Dalam trailer tersebut, Kamu akan menyaksikan perbedaan signifikan antara video konsep awal game dan versi game yang dirilis. Hasilnya sangat berbeda, bahkan terdapat banyak adegan yang sengaja disembunyikan agar pembeli tidak menyadari bahwa banyak fitur yang tidak tersedia.
Plot Game
Baiklah, mari kita berhenti merendahkan game ini, meskipun itu adalah bagian dari masa lalu yang kelam. Namun, mereka tetap harus mengingatnya; kebohongan tidak boleh dilupakan. Sekarang, mari kita bahas tentang plot dasar game ini.
No Man’s Sky mengajak pemain untuk menjelajahi galaksi yang luas dan penuh keanekaragaman, di mana setiap planet menawarkan ekosistem yang unik, dihuni oleh makhluk yang beraneka ragam serta sumber daya yang berharga. Dalam game ini, pemain berperan sebagai penjelajah luar angkasa yang tersesat dan kehilangan ingatan, memulai sebuah petualangan untuk menemukan dan memahami galaksi yang misterius yang ia tempati sekarang. Dengan menggunakan kapal luar angkasa, pemain memiliki kebebasan untuk mendarat di berbagai planet, mengumpulkan sumber daya, dan membangun pangkalan untuk mendukung eksplorasi mereka lebih jauh.
Premis utama game ini berfokus pada eksplorasi, penemuan, dan interaksi dengan berbagai spesies alien. Pemain dapat memilih untuk bermain secara solo atau bergabung dengan pemain lain secara online untuk berkolaborasi atau bersaing. Selain itu, ada tujuan akhir yang misterius, yaitu menuju “Center of the Galaxy,” yang mendorong pemain untuk menjelajahi lebih dalam lagi. Game ini menawarkan kebebasan untuk bermain sesuai gaya masing-masing, menjadikan setiap pengalaman unik.
Gameplay
Sekarang, mari kita bahas pengalaman bermain No Man’s Sky versi 2024 yang saat ini saya mainkan. Apakah semakin bagus atau tidak?
Gerakan Dalam Game
Terdapat dua aspek yang bisa kita bahas dalam konteks ini, yaitu saat pesawat berada dalam posisi bergerak sebagai makhluk hidup dan saat pesawat tengah terbang di pesawat. Saya akan menggunakan video sebagai media, agar kamu dapat lebih memahami penjelasan ini.
Gerakan di Daratan
Animasi gerakan dalam permainan ini sangat bagus, dan saya tidak mengalami masalah selama memainkannya sejauh ini. Anda juga memiliki opsi untuk memilih perspektif Third-Person Shooter (TPS) atau First-Person Shooter (FPS). Namun, saya merasa penggunaan jetpack kurang memuaskan. Jetpack ini lebih berfungsi sebagai alat untuk menghindari serangan, dan mengurangi kebutuhan mencari tangga ketika menghadapi bangunan yang tinggi atau pada umumnya, jetpack ini hanya berfungsi untuk membantu akses ke areatinggi yang agak curam dengan lebih mudah.
Gerakan di Penerbangan
Gerakan animasi saat mengendalikan kapal luar angkasa sangat menggembirakan, terutama ketika dilihat dari sudut pandang First-Person Shooter (FPS) atau melalui kamera di dalam kapal. Pengalaman ini membuatmu merasa seolah-olah benar-benar menerbangkan kapal luar angkasa tersebut.
Biasanya, banyak game dengan kendaraan terbang hanya memberikan sensasi terbang di atmosfer planet. Namun, dalam game ini, kamu akan merasakan sensasi terbang di luar angkasa yang sangat berbeda. Ketika berada di luar angkasa, sulit untuk membedakan mana yang atas dan mana yang bawah, ini menambah keseruan pengalaman bermain.
Mekanika Dasar Game
Eksplorasi Planet
Dalam hal eksplorasi di game ini, pengalaman saya masih tetap sama seperti sebelumnya. Proses generasi planet masih kurang memuaskan, dengan warna-warna yang dihasilkan terlihat tidak menarik, termasuk fauna dan flora yang ada. Meskipun jika dibandingkan dengan versi 2016 atau 2020 yang terakhir saya mainkan, kualitasnya tidak sepenuhnya buruk. Namun, tetap saja bisa dikatakan bahwa kualitas tersebut masih buruk bagi saya. Setiap kali saya mengunjungi planet baru, bioma yang ditawarkan hampir selalu tampak serupa. Terkadang, fauna yang muncul juga terasa tidak logis; contohnya, melihat makhluk asing yang mirip dengan rusa atau mamalia yang berenang di air seperti ikan tapi dengan 4 kaki, jelas merupakan pemandangan yang aneh, alih-alih menarik.
Jadi, apakah semua planet yang dihasilkan tampak buruk? Jawabannya adalah tidak, meskipun kemungkinan untuk menemukan planet yang benar-benar menakjubkan sangat kecil. Terutama untuk mencari planet yang aman dan mirip dengan Bumi, hal ini hampir mustahil dan memerlukan waktu yang lebih lama dan keberuntungan untuk menemukannya.
Oleh karena itu, Kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk menggunakan MOD khusus agar tampilan game menjadi lebih menarik, realistis, dan eksotis. Saya akan membahas rekomendasi MOD yang bagus untuk game ini dalam artikel selanjutnya.
Berikut adalah perbedaan antara versi orisinal dan versi modifikasi (MOD) dari game, yang berlatar di planet yang sama, yakni planet model Lush – Rainy Planet, yang terletak dalam sistem surya G1p. Planet ini adalah salah satu yang berhasil saya temukan dan memiliki kemiripan yang signifikan dengan Bumi.
Dari gambar tersebut, Kamu dapat mengamati berbagai perbedaan, terutama dalam aspek warna dan bioma. Meskipun hanya berupa gambar, kesan awal mungkin tampak serupa. Namun, jika Kamu telah menghabiskan waktu yang cukup lama untuk bermain dan menjelajahi berbagai planet, Kamu akan menyadari bahwa tanpa MOD ini, planet yang Kamu temui cenderung sangat mirip satu sama lain.
Eksplorasi Galaksi
Terkait dengan eksplorasi antar bintang atau galaksi, saya tetap berpendapat bahwa pengalaman ini tetap sangat menarik. Mencari sistem tata surya baru serta menemukan planet yang layak huni, aman, dan indah bukanlah hal yang mudah. Proses ini memerlukan waktu ekstra untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Setelah saya mendalami spesifikasi masing-masing bintang dalam komunitas atau fandom, tampak bahwa sistem ini menjadi lebih rinci dibandingkan sebelumnya. Beberapa pembaruan besar, seperti yang bernama “Expedition”, “Omega’, dan “Outlaws,” menunjukkan kemajuan yang signifikan. Dengan demikian, saya percaya bahwa ke depannya, aspek eksplorasi ini akan semakin menarik, terutama jika pengembangan game terus dilakukan.
Penambangan
Bagaimana sebenarnya sistem penambangan dalam permainan ini? Sejujurnya, saya tidak terlalu menikmati game dengan mekanisme penambangan atau grinding seperti ini, karena justru membuat saya merasa pusing. Meskipun bagi beberapa pemain, aspek ini bisa menjadi bagian yang menarik dari permainan. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, saya memutuskan untuk menggunakan modifikasi khusus yang membuat prosesnya menjadi lebih mudah. Namun, saya merasa bahwa sistem penambangan yang ada tidak menunjukkan perubahan signifikan yang mampu menarik minat saya. Dari pengamatan saya, terdapat beberapa elemen tambahan yang semakin melimpah. Ada bahan-bahan yang harus ditambang, dan ada pula yang perlu diracik untuk diubah menjadi atom-atom elemen yang baru.
Bertahan Hidup
Metode bertahan hidup dalam game ini tetap konsisten seperti sebelumnya, tidak ada yang terlalu berubah signifikan. Namun, tantangan yang dihadapi sekarang meningkat, terutama dengan kehadiran pasukan sentinel yang lebih agresif. Ketika pemain berada di planet-planet yang ekstrem, di mana cuaca sangat tidak bersahabat dan flora serta fauna yang mematikan mendominasi, upaya untuk bertahan hidup menjadi semakin menantang.
Sistem Perdagangan dan Ekonomi
Sistem perdagangan dalam game ini hampir tidak mengalami perubahan sejak terakhir kali saya bermain pada tahun 2020. Ketika pasokan barang di pasar melimpah, harga jual akan cenderung turun. Sebaliknya, saat barang menjadi langka, harga jualnya akan meningkat. Untuk menemukan pedagang alien di suatu galaksi atau sistem tata surya, kamu dapat mencarinya di planet atau stasiun luar angkasa. Jika kamu memiliki reputasi yang baik dengan ras yang sedang berdagang, maka kamu akan mendapatkan diskon yang semakin besar. Menurut saya, sistem ekonomi dalam permainan ini sangat sederhana dan mudah dipahami. Meskipun ada beberapa orang yang mungkin menganggapnya kurang menarik karena terlalu mudah, saya merasa sistem ini cukup wajar dan dapat diterima jika untuk saya.
Mendirikan Pangkalan di Planet
Saya sangat tertarik dengan aspek ini, terutama karena saya menyukai permainan yang menawarkan fitur pembangunan rumah atau dekorasi. Namun, apakah elemen pembangunan rumah atau pangkalan dalam game ini memuaskan? Sayangnya, saya harus mengakui bahwa jawabannya adalah tidak.
Semua bahan yang diperlukan untuk membangun rumah sudah cukup lengkap dan tersedia dalam jumlah banyak. Namun, perlu diingat bahwa pemain harus menjalani berbagai misi dan mengikuti alur cerita untuk dapat membeli blueprint dari berbagai toko atau pedagang. Bagi pemain yang tidak bermain dalam mode kreatif, proses ini bisa memakan waktu yang cukup lama. Setelah berhasil mendapatkan blueprint, kamu juga harus mencari bahan-bahan untuk pembuatannya, yang tentu saja wajar untuk bagian ini. Namun, bagaimana dengan dekorasi? Sayangnya, pilihan dekorasi sangat terbatas; yang tersedia lebih banyak berupa tanaman dan poster, dibandingkan dengan furnitur dan barang-barang random lainnya yang lebih umum.
Namun, apakah membangun pangkalan dalam game ini tergolong sulit? Jawabannya tidak, asalkan hanya untuk memenuhi kebutuhan bertahan hidup. Namun, menciptakan dekorasi yang menarik bisa menjadi tantangan yang lebih besar, terutama dalam hal penempatan dekorasi. Hal ini bisa saya katakan cukup menyulitkan jika kamu belum terbiasa, terutama karena metode penempatan yang harus dilakukan dari sudut pandang TPS (Third Person Shooter) atau FPS (First Person Shooter).
Jika kamu memiliki keahlian tinggi dalam penempatan dekorasi, banyak pilihan dekorasi, serta ide dengan tema planet, hasil yang akan kamu ciptakan bisa sangat menarik. Sebagai contoh, salah satu basis pemain lain yang terkenal, yang terkesan sederhana namun cukup mengesankan secara visual.
Mode Game
Saat ini, versi terbaru yang saya mainkan dari game No Man’s Sky telah mengalami banyak kemajuan dan kini menawarkan berbagai mode game yang menarik. Ketika saya terakhir kali memainkannya, hanya terdapat dua mode, yaitu Survival dan Creative. Namun saat ini, pilihan mode telah berkembang pesat, yaitu:
- Relaxed: Ini dapat dianggap sebagai mode mudah, dirancang untuk pemain yang ingin menjelajahi tanpa kesulitan, dengan pengeluaran yang minimal.
- Normal: Seperti namanya, mode ini merupakan mode standar dalam permainan yang tidak terlalu sulit, namun juga tidak terlalu mudah.
- Survival: Ini adalah mode tersulit, di mana kamu benar-benar akan merasakan pengalaman seperti karakter utama dalam permainan ini. Kamu akan mulai tanpa apapun, dan bahkan petualangan di planet pertama serta sistem tata surya yang pertama akan menjadi tantangan yang sangat berat.
- Creative : Ini merupakan mode eksplorasi yang tak terbatas, tanpa biaya dan tanpa hambatan apapun saat berada di luar angkasa.
- Custom: Sesuai dengan namanya, kamu bisa memodifikasi tingkat kesulitan dalam permainan. Misalnya, jika kamu ingin tantangan yang lebih besar di bagian pertambangan, atau jika kamu ingin menghadapi musuh dengan lebih mudah, pilihan ini tersedia untukmu.
- Ekspedisi: Ini adalah mode yang mirip dengan battle pass yang sering ditemukan dalam banyak game lainnya, namun keunggulannya disini adalah mode ini gratis bahkan hadiah itemnya. Mungkin hal ini merupakan bentuk permintaan maaf dari pengembang akibat proses pengembangan yang memakan waktu lama, atau juga sebagai upaya untuk menjaga agar pemain tetap aktif berpartisipasi dalam game ini. Namun, mode ini dapat dimainkan bersamaan dengan mode lainnya tanpa perlu membuat memori baru.
Grafik dan Desain Visual
Grafik
Untuk tampilan grafik, saya bisa katakan bahwa ini sudah memuaskan. Mungkin beberapa dari kalian akan berpendapat bahwa kesan yang ditampilkan mirip dengan kartun. Meskipun tampaknya sederhana, perlu diingat bahwa ini adalah sebuah game indie yang dirilis pada tahun 2016. Meskipun merupakan game indie dan keluar pada tahun 2016, game ini memiliki banyak elemen menarik di dalamnya. Ketika kamu berada di planet yang eksotis atau memiliki bioma yang detail, game ini bisa terlihat sangat menawan dan juga cukup berat.
Menurut pendapat saya, satu-satunya kelemahan dari produk ini terletak pada pilihan warnanya, yang cenderung terlihat kurang menarik.
Desain Visual
Desain visual dalam permainan ini memang sangat memanjakan mata, meskipun dimainkan tanpa MOD atau dalam kondisi permainan vanilla. Sistem procedural generation yang diterapkan pada setiap sistem tata surya dan planetnya memastikan bahwa setiap visual yang muncul selalu tampak segar dan unik.
Audio dan Musik
Suara Lingkungan
Bagi saya, suara lingkungan dalam game ini sangatlah menarik dan unik. Pengembang tampaknya berusaha menghadirkan pengalaman yang lebih realistis dengan menyajikan berbagai efek suara yang berhubungan dengan luar angkasa dan alam liar. Misalnya, suara black hole, tembakan yang terdengar dari kapal luar angkasa dalam mode TPS atau FPS, serta fenomena anomali. Selain itu, terdapat perbedaan suara yang mencolok antara lingkungan dalam ruangan dan di luar ruangan. Pendekatan ini memberikan keunikan suara lingkungan yang khas untuk setiap planet dalam game ini. Dengan demikian, setiap jenis planet memiliki suasana yang berbeda dan unik.
Musik Latar Belakang
Musik dalam game ini terbilang standar dan kurang menarik, bahkan bisa dibilang membosankan. Meskipun demikian, bukan berarti kualitasnya buruk; hanya saja, musik tersebut terasa cukup biasa.
Bagaimana Dengan Perang Antar Luar Angkasanya?
Untuk bagian ini, sebaiknya kamu tidak memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi. Dari awal peluncuran hingga saat terakhir saya bermain, saya tidak menemukan hal yang luar biasa dalam segmen ini. Pertempurannya terasa cukup sederhana dan tidak ada aksi yang mengesankan. Sejak awal hingga akhir permainan, kapal luar angkasa besar tampak tidak berperilaku aktif dalam pertempuran. Bahkan, kapal besar lainnya tetap tidak bergerak, meski tidak berada dalam mode perang. Mereka hanya muncul dari lubang warp dan kemudian diam tanpa melakukan aktivitas apapun. Satu-satunya kapal besar yang menunjukkan pergerakan adalah yang muncul tiba-tiba saat berada di permukaan planet. Namun, momen tersebut sangat singkat, karena kapal NPC itu akan segera menghilang setelah menggunakan lubang warp.
Satu-satunya hal menarik dari situasi ini adalah pengendalian pesawat luar angkasa, yang dapat digambarkan sebagai tugas yang tampak mudah namun sebenarnya cukup menantang.
Kamu dapat melihat aksi pertempuran antar kapal dalam permainan ini melalui video di bawah ini.
Multiplayer dan Komunitas
Multiplayer
Pada versi 2024 dari No Man’s Sky, saya menyadari bahwa sejak pertama kali membeli game ini, fitur multiplayer telah tersedia melalui pembaruan NEXT. Meskipun demikian, interaksi dengan pemain lain terasa sangat terbatas. Kita hanya dapat bermain bersama empat orang, dan jejak pemain lainnya hanya terlihat dalam bentuk pesan yang mereka tinggalkan.
Saat ini, situasinya telah jauh lebih baik sejak pembaruan Beyond. Interaksi antar pemain kini menjadi lebih beragam, dengan adanya sejumlah lokasi baru yang memungkinkan pemain untuk berkumpul bersama dengan cepat. Salah satu tempat tersebut adalah Anomaly Space Station, yang berfungsi sebagai pusat sosial dalam game ini.
Fitur multiplayer dalam No Man’s Sky, menurut pendapat saya, sangat menarik dan unik. Saat pertama kali memainkan game ini, mungkin kamu mengira bahwa ini adalah game offline atau semi-online, di mana kamu menjelajahi galaksi sendirian tanpa kehadiran pemain lain. Mungkin pula kamu beranggapan bahwa interaksi antar pemain hanya terjadi di Anomaly Space Station, saat membuat game baru, atau ketika bergabung dengan pemain lain. Namun, anggapan tersebut jelas keliru.
Meskipun tampaknya para pemain menjelajahi galaksi yang sangat luas sendirian, kenyataannya tidak demikian. Dalam sistem galaksi yang disebut “The Universe” dalam game ini, jutaan pemain sebenarnya bergabung dalam satu sistem galaksi tersebut.
Namun, mengapa kamu tidak menemukan pemain lain saat bermain? Jawabannya cukup sederhana. Galaksi dalam game ini sangat luas, dengan jumlah sistem tata surya yang luar biasa banyak. Berdasarkan informasi resmi, terdapat sekitar 18 kuintiliun sistem tata surya, dan setiap sistem terdiri dari enam planet, belum termasuk bulan-bulan yang mengorbitnya.
Penasaran, berapa nilai 18 kuintiliun dalam angka? Berikut ini: 18.000.000.000.000.000.000. Banyak sekali, bukan? Dengan jumlah yang sebesar itu, sangat sulit untuk menemukan pemain lain. Jika kamu secara kebetulan menemukan sistem tata surya yang memiliki pangkalan pemain, kemungkinan besar pemain tersebut sudah tidak ada di sistem tata surya itu lagi, atau pemain itu telah offline selamanya. Mungkin juga, kamu secara tidak sengaja mengunjungi sistem tata surya yang telah dieksplorasi oleh pemain lain dan tercatat dalam sistem. Intinya, sulit untuk menemukan pemain lain kecuali jika kamu mendapat keberuntungan. Paling tidak, kamu hanya akan menemukan jejak-jejak pemain, seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya.
Oh ya, angka 18 kuintiliun itu hanya berdasarkan satu galaksi saja. Di dalam game ini, terdapat lebih dari satu galaksi; saat ini, para pemain terdaftar telah menemukan 256 galaksi. Meskipun jumlah galaksi yang ditemukan mungkin telah meningkat, sebenarnya, dasar dari algoritma game ini hanya merujuk pada lima galaksi. Penting untuk diingat bahwa game ini dibangun menggunakan procedural generation, sehingga setiap galaksi yang muncul hanya berbeda nama, sementara algoritma dasarnya tetap sama.
Perlu dicatat bahwa keberadaan lima galaksi inti ini diketahui berkat adanya kesalahan pada pembaruan berjudul Origin dalam patch 3.03. Kesalahan tersebut telah mengekspos sistem, tetapi kini telah diperbaiki. Kemungkinan besar, pengembang juga telah melakukan penambahan yang diperlukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
Komunitas
Apakah komunitasnya bagus? Jawabannya adalah ya dan tidak. Mengapa demikian? Saya akan membahasnya dalam dua bagian terpisah.
Dalam Game
Komunitas dalam game ini dapat dikatakan buruk, bukan karena para pemainnya terdengar kasar, toksik, atau melakukan spam. Sebaliknya, mereka lebih cenderung merupakan pemain solo, sehingga akan sangat sulit untuk mengajak pemain acak lainnya bermain bersama, atau bahkan mendapatkan respons atas pertanyaanmu atau meminta bantuan. Contohnya, dalam Anomaly Space Station, yang seharusnya menjadi pusat sosial dalam game ini, kenyataannya hanya dipenuhi oleh pemain yang afk (away from keyboard) atau yang sekadar datang untuk mengambil misi bulanan, mencari item tertentu, atau mencari blueprint.
Luar Game
Komunitas luar game yang saya maksud mencakup forum-forum serta komunitas modding. Meskipun game ini telah dirilis hampir sepuluh tahun yang lalu, komunitasnya masih terbilang aktif. Keterlibatan yang tinggi dalam komunitas ini juga berdampak pada aktivitas modding, yang tetap berjalan dengan baik. Berbagai modding yang diproduksi tetap mendapatkan dukungan dari para pembuatnya, sehingga banyak yang bermanfaat bagi pemain.
Apa Ada Yang Masih Kurang?
Tentu saja, masih ada harapan untuk pengembangan game ini. Dari perspektif umum, terdapat sejumlah kekurangan yang jelas terlihat. Banyak fitur yang seharusnya hadir, tetapi justru tidak tersedia. Namun, agar game No Man’s Sky terlihat lebih sempurna dan menarik, saya berharap mereka dapat menambahkan beberapa elemen berikut:
Peningkatan di Bagian NPC
Saya ingin katakan kalau NPC dalam game ini sangat kurang interaktif dan minim aktivitas. Kamu hanya dapat melihat NPC yang berada di sekitar bangunan, kecuali untuk objek-objek yang ditinggalkan. Tidak ada NPC yang berjalan secara acak atau melakukan berbagai aktivitas di planet. Bahkan, NPC yang ada di pesawat luar angkasa benar-benar terlihat tidak berguna; mereka tidak memberikan kontribusi berarti dalam hal kerusakan. Semua kontribusi dalam game sepenuhnya bergantung pada pemain. Dengan kata lain, elemen aktivitas NPC yang bergerak secara acak tidak ada sama sekali, sehingga game ini terasa terlalu sepi dan kurang hidup.
Hingga saat ini, saya baru menemukan NPC acak yang sedang mengoperasikan pesawat luar angkasa kecil untuk menambang asteroid. Pengalaman saya masih terbatas pada hal tersebut.
Fraksi atau Ras Yang Sedikit
Hingga saat ini, No Man’s Sky memiliki hanya tiga ras utama yang sering ditemui di alam semesta game ini yaitu Korvax, Gek, dan Vy’keen, ditambah dengan dua ras misterius Travellers dan Anomalies (Player) dan dua ras mekanik yaitu Autophage (Mesin) dan Sentinels (Penjaga).
Ekosistem Tidak Nyata
Di dalam game No Man’s Sky, ekosistem planet yang ada tidak sepenuhnya realistis, meskipun terdapat sistem siang dan malam yang terintegrasi. Selain itu, ekosistem bioma yang ditampilkan juga tidak mencerminkan realitas.
Tidak ada Bencana Alam atau Kejadian Acak
Tidak ada kejadian acak yang dapat menakjubkan pemain, seperti badai energi, gempa bumi, atau letusan vulkanik di planet.
Jenis Planet dan Keberagaman Luar Angkasa
Saya percaya bahwa salah satu tujuan utama para pemain dalam memainkan game ini adalah untuk menikmati visual luar angkasa dari jarak dekat, seolah-olah mereka benar-benar merasakan pengalaman berada di sana secara nyata.
Keberagaman atau fenomena luar angkasa di No Man’s Sky terasa tidak lengkap. Beberapa elemen menakjubkan seperti planet gas, kedekatan dengan matahari, supernova, nebula, eksoplanet, dan berbagai fenomena lainnya tidak ditampilkan dalam permainan ini. Saat ini, hal eksotis yang dapat kamu temukan di No Man’s Sky hanyalah adanya black hole. Selain itu, terdapat juga pusat galaksi, namun penampilannya hanya sekadar titik cahaya kecil, tidak seperti fenomena yang lebih menarik seperti quasar.
No Man’s Sky hanya memperkenalkan beberapa fenomena anomali, seperti kapal yang hidup dan entitas Atlas. Meskipun kedua elemen ini memiliki keunikan tersendiri, mereka masih berada pada tingkat yang sebanding dengan berbagai keanehan luar angkasa lainnya. Oleh karena itu, saya berpendapat bahwa konten yang mengangkat tema keindahan dan keanehan luar angkasa masih tergolong minim.
Sistem Perang Terlalu Biasa
Seperti yang telah Anda saksikan dalam video sebelumnya, sistem pertempuran tersebut terkesan cukup monoton. Tidak ada elemen taktis atau aspek menarik lainnya, seperti peperangan antar planet atau sistem bintang, kejar-kejaran di berbagai lokasi, atau pertempuran di permukaan planet.
Kesimpulan
Game No Man’s Sky saat ini (2024) telah menunjukkan perkembangan yang signifikan sejak peluncuran pertamanya pada tahun 2016. Meskipun masih ada beberapa elemen yang belum memenuhi ekspektasi saya, terdapat harapan bahwa fitur-fitur tersebut akan ditambahkan di masa depan. Sepertinya para developer memiliki komitmen yang kuat untuk terus menghadirkan fitur-fitur yang seharusnya ada dalam game ini sejak awal. Hingga saat ini, mereka terus memenuhi janji-janji yang telah dibuat sejak kontroversi saat peluncurannya.
Oleh karena itu, jika kamu belum memiliki game No Man’s Sky, sangat disarankan untuk membelinya segera. Game ini dianggap lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya saat ini, seperti Starfield, menurut banyak reviewer.
Wah, seru banget nih ulasannya! Gua suka banget sama game open world, apalagi yang bisa eksplorasi luar angkasa kayak gini. Dari cerita-cerita yang lo kasih, jadi pengen nyobain No Man’s Sky lagi deh! Keren banget kalo liat planet-planet yang unik. Thanks ya udah share info ini! 🤩
Hmm, artikel ini cukup oke sih. Gue juga pernah denger tentang No Man’s Sky, katanya dulu sempet jelek banget. Sekarang kayaknya udah mendingan ya? Tapi masih banyak yang kurang juga ya, hmm…
Gue setuju sih sama pendapat lo, awalnya game ini hype banget tapi pas rilis malah zonk. Janji-janji muluk yang di trailer gak ada yang sesuai kenyataan. Ngapain sih mereka bikin hype kalo hasilnya gini? Kalo mau main eksplorasi, mending main game lain aja deh. No Man’s Sky versi 2024 juga belum sepenuhnya memuaskan, sama aja kayak dulu. Jadi bingung mau beli atau enggak!
Gila, jadi inget pas rilis 2016. Bener-bener penipuan, ya? Gue juga nggak mau beli!
Wah, grafiknya sih emang oke. Tapi gameplay-nya masih ngebosenin, bro!
Gue setuju sama lo. Eksplorasi planetnya kayak gitu-gitu aja, bosen!
Tapi kalo dibandingin sama game lain sekarang, No Man’s Sky udah lumayan sih. Masih bisa diharapin!
LOL! Gameplay-nya kayaknya masih monoton ya. Gak ada yang baru?
Masa NPC-nya gak interaktif? Kapan dong bisa ngobrol-ngobrol sama mereka?
‘Center of the Galaxy’ tapi kosong? Haha, parah banget ini game.
‘Fitur base building terbatas’? Gila, sampe gitu banget ya? Ngapain susah-susah bikin base.
‘Sistem ekonomi sederhana’? Ya ampun, ngapain main kalo gini terus?
‘Multiplayer’ tapi susah nemu temen? Nggak asik banget!