Sabtu, Mei 21, 2022
- Iklan -

Tips Upgrade PC Untuk Pilihan CPU, VGA, RAM atau Monitor

- Iklan -

Harus Baca

Shiroe
Shiroe
There is no day without gaming.

Sekarang mimin nulis aritkel yang beda nih sekarang, ini tentang tips untuk kamu yang mau upgrade komponen PC kamu. Artikel ini berisi tentang tips kompenan yang mana saja yang lebih penting diupgrade terlebih dahulu. Saya sendiri sudah mencari artikel sejenis tentang ini di Google, tapi setelah saya baca – baca semua artikel itu hampir sama dan dibuat beberapa tahun lalu. Mungkin menurut kamu artikel tersebut tidak membantu dalam memecahkan masalahmu.

Biasanya para gamers yang mempunyai PC dengan budget atau anggaran terbatas pastinya sangat pilih – pilih dalam mengupgrade komponen PC-nya. Seperti saat ingin mengupgrade PC pasti terkadang timbul pertanyaan seperti ini;

  • Lebih bagus upgrade prosesor/CPU atau VGA/GPU?
  • Lebih bagus upgrade RAM atau beli SSD?
  • Lebih bagus upgrade motherboard atau Monitor?

Kira – kita pastinya timbul pertayaan seperti itu. Nah biar kamu gak pusing atau tidak salah dalam mengambil keputusan dalam mengupgrade komponen PC kamu nih sekarang saya kasih tau tips dan juga perlu diperhatikan sebelum membeli komponen baru dari saya agar kamu tidak salah pilih dan tidak menghabiskan banyak uang untuk hal yang tidak perlu.

Perlu Diperhatikan Sebelum Mengupgrade PC

Sebelum mengupgrade salah satu komponen PC kamu, ada baiknya perhatikan 4 hal berikut;

Perkembangan Teknologi

- iklan -

Pertama yang perlu kamu perhatikan pertama kali adalah lihat perkembangan teknologi komponen PC. Kenapa ini perlu?

Ini sangatlah perlu! jangan sampai kamu membeli teknologi lama dalam membeli komponen elektronik apalagi di jaman sekarang yang teknologinya berkembang terlalu cepat yang bahkan generasi sebelum dan generasi selanjutnya perbedaan bisa mencapai 4x lipat.

Perhatikan juga tanggal rilis teknologi sebelumnya. Ini juga tanda atau sinyal untuk menentukan kapan teknologi terbaru akan rilis. Jika sudah terdengar kabar akan dirilisnya teknologi baru maka sebaiknya kamu sedikit sabar menunggu, lebih baik membeli model terbaru ketimbang model terdahulu.

Kamu tau tidak, semua teknologi terbaru harganya hampir sama dengan teknologi keluaran terbaru sebelumnya dan bila ada perbedaan harga biasa hanya naik beberapa ratus ribu saja dan itu normal – normal saja.

Pemilihan Varian & Dana

Kamu sudah liat kabar berita teknologi komponen PC, sekarang mulailah menabung dan bersiap membeli pilihan terbaik. Pastikan kamu jangan terlalu pelit saat membeli alat elektronik seperti komponen PC ini. Setiap teknologi keluaran terbaru pasti akan ada banyak versinya mulai pendingin hingga kecepatannya.

- iklan -

Contohnya misalnya saya ingin membeli VGA terbaru maka saya lebih memilih fitur pendingin yang lebih baik, walaupun harganya sedikit lebih tinggi tapi sebanding untuk performa game, fitur dan juga untuk daya tahannya.

Coba pikirkan baik – baik, buat apa kamu membeli barang tipe rendah murah tapi cepat rusak? memang sih teknologinya sama tapi ini cukup menjadi bahan pertimbangan namun bila anggaranya sangat terbatas setidaknya pilihlah bagian tengah dari tipe varian yang ada.

Jadi ketika kamu menabung pastikan selalu lebihkan sedikit dari target tabungan, contoh kamu ingin menabung 5 juta maka lebihkan hingga 6 juta. Jadi kamu bisa dengan mudah leluasa nantinya memilih varian yang ada karna memiliki dana yang lebih.

tips upgrade pc 8

Keunggulan Merek

Manfaat keunggulan tiap masing – masing produk yang dikeluarkan merek dagang. Apa itu penting? ya ini penting karna tidak semua produk unggul pada semua lini komponen PC-nya. Setiap merek memiliki keunggulan dibidangnya masing – masing walalu mereka banyak rilis komponen produk – produk PC.

Contohnya saja kita sebut merek Corsair, mereka terkenal akan produk RAM-nya yang bagus dan juga pendinginnya maka kamu lebih baik membeli produk – produk RAM mereka di Corsair saja dan komponen lainnya di merek lain.

- iklan -

Ingat kamu sedang merakit sebuah PC bukan membeli Laptop yang semua 1 set merek yang sama. Manfaat keunggulan dalam merakit PC dengan menggunakan berbagai merek dengan keunggulannya.

Keunggulan ini bisa kamu bincang – bincang di forum – forum atau komunitas gamers, namun bila kamu bisa bahasa inggris masuk saja ke forum internasional atau bertanya di forum besar seperti Redit, pastinya ada pakar gaming yang akan menjawab dan membantumu dalam memilih merek terbaik.

Harga & Kelas Merek

Seperti saya sebutkan diatas, jangan pelit dalam membeli barang elektronik atau kamu akan menyesal nantinya. Selalu pilih merek yang sudah ternama jangan membeli merek – merek lokal atau merek luar yang tidak terkanal atau tidak jelas asal usulnya kalau pake istilah kerennya, pilih produk tier 1 dan jangan coba – coba pilih produk tier 2. Soalnya PC kamu itu dibuat untuk gaming dan pilihan lainnya untuk produktifitas editing jadi wajib tier 1 kalau tier 2 itu mungkin cocok untuk anak sekolahan aja atau pemakaian sementara atau terbatas aja yang bukan dipakai untuk ngegame atau produktifitas.

Perbedaan harganya memang berbeda jauh bahkan ada kasus merek tidak terkenal spesifikasinya jauh lebih baik dan murah ketimbang yang terkenal. Pasti bagi kaum dana terbatas pengen beli dong! tapi jangan mudah tergiur, pikirkan masa garansinya dan juga daya tahan suatu produk.

Kalau untuk saya sendiri, saya tidak terlalu mementingkan garansi, karena selama saya membeli produk elektronik saya tidak pernah merusaknya karna dirawat hati – hati tapi yang saya pentingkan itu adalah daya tahan produk bisa bertahan sampai berapa tahun.

- Iklan -
- Iklan -

Latest News

2 Episode Kawaii dake ja Nai Shikimori-san Alami Delay Tayang Karna Covid-19

Anime romantis populer SHIKIMORI Tidak Hanya Manis (Kawaii dake ja Nai Shikimori-san/Shikimori's Not Just a Cutie) mengumumkan kabar buruk....
- Iklan -
- Iklan -

Berlangganan ke Blog via Email

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini

X
X
X