Senin, September 26, 2022

Tips Upgrade PC Untuk Pilihan CPU, VGA, RAM atau Monitor

- Iklan -

Harus Baca

Shiroe
Shiroe
There is no day without gaming.
Iklan - Artikel dilanjutkan di bawah

Sekarang mimin nulis aritkel yang beda nih sekarang, ini tentang tips untuk kamu yang mau upgrade komponen PC kamu. Artikel ini berisi tentang tips kompenan yang mana saja yang lebih penting diupgrade terlebih dahulu. Saya sendiri sudah mencari artikel sejenis tentang ini di Google, tapi setelah saya baca – baca semua artikel itu hampir sama dan dibuat beberapa tahun lalu. Mungkin menurut kamu artikel tersebut tidak membantu dalam memecahkan masalahmu.

Biasanya para gamers yang mempunyai PC dengan budget atau anggaran terbatas pastinya sangat pilih – pilih dalam mengupgrade komponen PC-nya. Seperti saat ingin mengupgrade PC pasti terkadang timbul pertanyaan seperti ini;

  • Lebih bagus upgrade prosesor/CPU atau VGA/GPU?
  • Lebih bagus upgrade RAM atau beli SSD?
  • Lebih bagus upgrade motherboard atau Monitor?

Kira – kita pastinya timbul pertayaan seperti itu. Nah biar kamu gak pusing atau tidak salah dalam mengambil keputusan dalam mengupgrade komponen PC kamu nih sekarang saya kasih tau tips dan juga perlu diperhatikan sebelum membeli komponen baru dari saya agar kamu tidak salah pilih dan tidak menghabiskan banyak uang untuk hal yang tidak perlu.

Perlu Diperhatikan Sebelum Mengupgrade PC

Sebelum mengupgrade salah satu komponen PC kamu, ada baiknya perhatikan 4 hal berikut;

Perkembangan Teknologi

Pertama yang perlu kamu perhatikan pertama kali adalah lihat perkembangan teknologi komponen PC. Kenapa ini perlu?

Ini sangatlah perlu! jangan sampai kamu membeli teknologi lama dalam membeli komponen elektronik apalagi di jaman sekarang yang teknologinya berkembang terlalu cepat yang bahkan generasi sebelum dan generasi selanjutnya perbedaan bisa mencapai 4x lipat.

Perhatikan juga tanggal rilis teknologi sebelumnya. Ini juga tanda atau sinyal untuk menentukan kapan teknologi terbaru akan rilis. Jika sudah terdengar kabar akan dirilisnya teknologi baru maka sebaiknya kamu sedikit sabar menunggu, lebih baik membeli model terbaru ketimbang model terdahulu.

Kamu tau tidak, semua teknologi terbaru harganya hampir sama dengan teknologi keluaran terbaru sebelumnya dan bila ada perbedaan harga biasa hanya naik beberapa ratus ribu saja dan itu normal – normal saja.

Pemilihan Varian & Dana

iklan - Artikel dilanjutkan di bawah

Kamu sudah liat kabar berita teknologi komponen PC, sekarang mulailah menabung dan bersiap membeli pilihan terbaik. Pastikan kamu jangan terlalu pelit saat membeli alat elektronik seperti komponen PC ini. Setiap teknologi keluaran terbaru pasti akan ada banyak versinya mulai pendingin hingga kecepatannya.

Contohnya misalnya saya ingin membeli VGA terbaru maka saya lebih memilih fitur pendingin yang lebih baik, walaupun harganya sedikit lebih tinggi tapi sebanding untuk performa game, fitur dan juga untuk daya tahannya.

Coba pikirkan baik – baik, buat apa kamu membeli barang tipe rendah murah tapi cepat rusak? memang sih teknologinya sama tapi ini cukup menjadi bahan pertimbangan namun bila anggaranya sangat terbatas setidaknya pilihlah bagian tengah dari tipe varian yang ada.

Jadi ketika kamu menabung pastikan selalu lebihkan sedikit dari target tabungan, contoh kamu ingin menabung 5 juta maka lebihkan hingga 6 juta. Jadi kamu bisa dengan mudah leluasa nantinya memilih varian yang ada karna memiliki dana yang lebih.

tips upgrade pc 8

Keunggulan Merek

Manfaat keunggulan tiap masing – masing produk yang dikeluarkan merek dagang. Apa itu penting? ya ini penting karna tidak semua produk unggul pada semua lini komponen PC-nya. Setiap merek memiliki keunggulan dibidangnya masing – masing walalu mereka banyak rilis komponen produk – produk PC.

Contohnya saja kita sebut merek Corsair, mereka terkenal akan produk RAM-nya yang bagus dan juga pendinginnya maka kamu lebih baik membeli produk – produk RAM mereka di Corsair saja dan komponen lainnya di merek lain.

Ingat kamu sedang merakit sebuah PC bukan membeli Laptop yang semua 1 set merek yang sama. Manfaat keunggulan dalam merakit PC dengan menggunakan berbagai merek dengan keunggulannya.

Keunggulan ini bisa kamu bincang – bincang di forum – forum atau komunitas gamers, namun bila kamu bisa bahasa inggris masuk saja ke forum internasional atau bertanya di forum besar seperti Redit, pastinya ada pakar gaming yang akan menjawab dan membantumu dalam memilih merek terbaik.

Harga & Kelas Merek

Iklan - Artikel dilanjutkan di bawah

Seperti saya sebutkan diatas, jangan pelit dalam membeli barang elektronik atau kamu akan menyesal nantinya. Selalu pilih merek yang sudah ternama jangan membeli merek – merek lokal atau merek luar yang tidak terkanal atau tidak jelas asal usulnya kalau pake istilah kerennya, pilih produk tier 1 dan jangan coba – coba pilih produk tier 2. Soalnya PC kamu itu dibuat untuk gaming dan pilihan lainnya untuk produktifitas editing jadi wajib tier 1 kalau tier 2 itu mungkin cocok untuk anak sekolahan aja atau pemakaian sementara atau terbatas aja yang bukan dipakai untuk ngegame atau produktifitas.

Perbedaan harganya memang berbeda jauh bahkan ada kasus merek tidak terkenal spesifikasinya jauh lebih baik dan murah ketimbang yang terkenal. Pasti bagi kaum dana terbatas pengen beli dong! tapi jangan mudah tergiur, pikirkan masa garansinya dan juga daya tahan suatu produk.

Kalau untuk saya sendiri, saya tidak terlalu mementingkan garansi, karena selama saya membeli produk elektronik saya tidak pernah merusaknya karna dirawat hati – hati tapi yang saya pentingkan itu adalah daya tahan produk bisa bertahan sampai berapa tahun.

Komponen Yang Perlu di Upgrade

Nah sekarang kita masuk topik utama pembahasan yang banyak membuat kebanyakan gamers mengalami dilema berat saat mengupgrade PC-nya.

Sebelum masuk langsung ke kesimpulan mana yang mana harus diutamakan untuk diupgrade, saya akan bahas satu per satu saja per komponen saja dulu. Namun kalau kamu mau lihat hasil kesimpulannya, langsung lihat saja di halaman berikutnya.

Monitor

Pertama kita bahas monitor dulu. Menurut saya sendiri banyak orang yang tidak terlalu paham dengan teknologi di monitor ini dan kalo saya tanya ke teman – teman saya pasti kebanyakan dari meraka bilang Hz yang tinggi akan lebih baik.

Ya benar! itu benar sekali tapi hati – hati dalam membeli teknologi mahal tapi tidak terpakai dengan benar itu hanya membuang – buang duit kamu saja untuk membeli monitor dengan Hz paling tinggi.

tips upgrade pc 1

Sebelum menentukan, kamu perhatikan dulu tipe monitornya, itu ada 3 macam;

  • TN: Cocok untuk kamu pemain game bertempo cepat seperti FPS. Kecepatan layar dibawah 1 ms namun memiliki warna yang terbatas.
  • IPS: Cocok untuk kamu pemain game Open world atau grafik memukau. Pewarnaan bagus namun didaerah gelap detail gambar suka tersamar dan kecepatan layar cukup tinggi.
  • VA: Cocok untuk tipe semua game dan menonton film. Kecepatan layar cukup kencang, pewarnaan sedikit lebih baik diatas TN.

Yah tapi teknologi selalu berkembang, kemungkinan teknologi terbaru sekarang dan berikut perbedaan diatas tidak terlalu mencolok, namun ini bisa dibuat jadi perbandingan.

Iklan - Artikel dilanjutkan di bawah

Jadi pertayaannya, Pada saat kondisi seperti apa kita perlu mengupgrade monitor?

Itu tergantung kondisi game kamu, bila kamu memiliki prosesor dan VGA paling mutakhir lalu kamu ketika bermain game selalu mendapatkan FPS lebih dari 60 atau mungkin lebih dari 120 FPS maka kamu sudah waktunya untuk mengupgrade monitor kamu. Tapi bila kamu bermain game selalu mendapatkan dibawah 60 FPS atau dibawah 90 FPS sepertinya kamu tidak perlu membeli monitor baru.

Tidak perlu Hz yang tinggi hingga lebih dari 240Hz atau 360Hz karna pada dasarnya mata manusia tidak bisa melihat perbedaan seperinci itu kecuali mata kamu istimewa, jadi 144Hz saja sudah cukup kecuali kamu sultan.

Perlu di ingat, pertimbangkan untuk membeli monitor dengan teknologi Sync dari AMD yaitu FreeSync atau dari NVIDIA yaitu G-Sync karena ini sangat berpengaruh dalam permainanmu dan tentu dengan ms yang sekecil mungkin.

Jika pakai VGA AMD maka cari yang ada FreeSync dan kalau punya VGA NVIDIA pakai G-Sync, tapi karna G-Sync terbilang sangat mahal dan termasuk barang mewah/sultan maka ini hanya sebuah pilihan saja untuk pemilik VGA NVIDIA setidaknya jika ingin banget pakai sync buatan NVIDIA maka cari monitor berlabel G-Sync Competibel ini harganya cukup murah berkisar 3 juta keatas atau mungkin ada harga dibawahnya bila kamu ketemu, tapi memang fitur canggihnya tidak sebanding G-Sync standar/native.

Satu hal lagi yang saya ingatkan, pilihlah resolusi sewajarnya atau semampu kekuatan PC kamu, jangan mudah tegiur dengan kualiatas resolusi 4K, 6K atau 8K yang di iklankan maupun diberitahu oleh siapapun.

Semakin tinggi resolusinya maka semakin berat game yang dimainkan maka kamu nantinya jadi terpaksa harus segera mengupgrade VGA kamu yang tergolong sangat mahal dari komponen lainnya atau terpaksa mengecilkan resolusi game kamu dan itu malah membuat gambar menjadi jelek. Pilihlah resolusi standar atau umum saat ini saja yaitu 1080p (FHD) atau 1440p (jajaran tipe 2K = QHD) kalau ingin diatasnya sedikit agar warnya sedikit lebih tajam dari FHD namun bila komponen lainnya sudah sultan maka pilihan diatas 2K bisa kamu pilih sendiri.

VGA atau GPU

Kedua VGA atau GPU, kira – kira ada pertayaan seperti ini pastinya, Kapan waktunya untuk ganti VGA atau GPU?

Menurut saya ini tergantung pada dirimu, sekarang kita analogikan melalui game saja (*maaf saya tidak bisa analogikan untuk produktifitas). Kamu harus bisa menjawab pertayaan ini untuk dirimu sendiri kalau kamu bisa maka kamu dapat menghemat duitmu.

  • Apa game yang paling berat yang kamu mainkan?
  • Sepanas apa VGA kamu saat ini?
  • Keluaran tahun berapa VGA kamu?
  • Tipe apa VGA kamu?
  • Besaran listrik yang diperlukan?
tips upgrade pc 2

Saya sebelum membeli VGA selalu memikir 5 pertayaan tersebut karna itu penting untuk kesehatan uang saya. Contoh kasusnya refrensi waktu yang pas untuk upgrade;

  1. Bila kamu sering bermain game berat dan kamu tidak sampai mendapat 60 FPS atau minimal 30 FPS saja tidak dapat, maka itu perlu pertimbangan penting segera untuk upgrade.
  2. Bila VGA menghasilkan hawa cukup panas maka sudah saatnya kamu memikirkan VGA dengan teknologi pendingin terbaik.
  3. Kamu mempunyai VGA keluaran 5 tahun yang lalu atau lebih namun kamu memainkan game terbaru masa kini, sudah sepantasnya kamu menggantinya.
  4. Sebelumnya kamu memiliki tipe seri terendah seperti RTX 3050 namun kamu selalu ingin bermain game dengan grafis atau performa rata kanan atau setidaknya rata tengah maka sudah waktunya untuk menggantinya 1 atau 2 tingkat diatasnya seperti ke RTX 3060 (Ingat! selalu penting pantau perkembangan teknologi VGA karna jangan sampai kamu baru beli 3060 ternyata 2 bulan kemudian tipe seri baru keluar yaitu seri 4000).
  5. Pikirkan daya listriknya, semakin tinggi varian VGA maka semakin tinggi juga daya listriknya dan juga harian listrik yang kamu keluarkan juga semakin meningkat.

Nah itu yang harus kamu perhatikan sebelum mengupgrade VGA terbaru.

Prosesor atau CPU

Selanjutnya otak dari PC yaitu Prosesor atau CPU. Kapan waktunya kita untuk upgrade Prosesor atau CPU?

Nah kalau ini kita harus ikuti perkembangan spesifikasi game terberat tahun ini atau berikutnya dan teknologi terbarunya. Ketimbang VGA, komponen ini yaitu CPU lebih sering atau rutin merilis keluaran generasi terbaru terutama dari kubu biru si Intel namun dari si merah yaitu AMD sekarang juga cukup rutin karena produk terbarunya Ryzen berhasil menyamai kemampuan Intel yang menguasai pasar dan memasang harga sesukanya sebelum tahun 2018. Karena itu pertama – tama berterima kasihlah kepada pendiri AMD karna berhasil membawa produk canggih namun juga dengan harga yang sangat merakyat dan membuat harga Intel yang tadinya memasang harga sesukanya sekarang harus ikut permainan harga murah dari kubu merah.

tips upgrade pc 4

Setiap individu biasanya memiliki pertimbangan tersendiri untuk upgrade komponen ini, namun bila masih bingung, bisa ikuti saran saya.

  • Apabila CPU tidak terlalu berpengaruh pada game yang sering kamu mainkan, sebaiknya tidak perlu untuk mengupgradenya walau saran spesifikasi pada game lebih tinggi sedikit dari milikmu.
  • Tapi apabila CPU kamu sudah tertinggal lebih dari 3 atau 5 generasi atau 3 sampai 7 tahun maka sudah waktunya kamu merencakan untuk mengupgrade CPU.

Nah itu saran saya untuk kapan waktunya untuk mengupgrade komponen Prosesor atau CPU. Namun perlu hati – hati saat membeli CPU, perhatikan deksripsi produk dengan benar karna ada beberapa CPU yang mengharuskan kamu untuk memiliki VGA dan juga kecocokan pada Motherboard. Tanya pada toko sebelum membeli produk, saya sarankan lebih baik tanya pada pemilik merek CPU atau Motherboard apakah keduanya saling mendukung atau tidak. Kamu juga periksa halaman produknta bila tersedia.

Motherboard atau Mainboard

Nah ini opsi yang biasa tidak terlalu dipikirkan oleh para gamers. Karena pada dasar komponen ini tidak terlalu mempengaruhi dalam permainan maupun produktifitas bila di upgrade atau tidak, namun lastinya akan muncul pertayaan, kapan waktunya upgrade motherboard atau mainboard?

Sebenarnya tidak ada waktu yang dipastikan untuk upgrade komponen ini kamu dapat mengupgradenya kapanpun, namun perlu diperhatikan mengganti motherboard perlu juga memperhatikan komponen CPU yang cocok dengan mootherboard yang akan di upgrade jika salah pilih maka CPU kamu tidak dapat dipasang.

tips upgrade pc 5

Fitur di mother tidak ada yang terlalu penting, karena setiap tahunnya pasti motherboard menyediakan teknologi paling penting mereka ke versi barunya seperti PCIe atau USB.

Setidaknya yang perlu kamu pikirkan adalah jumlah slot RAM nya. Saya sarankan cari yang 4 slot jika misal kamu sewaktu – waktu perlu menambah kamu hanya perlu menambahnya tidak perlu menggantinya jadinya, lalu perhatikan slot VGA bila kamu ingin menambah lebih dari 1 VGA dan terakhir adalah jumlah USB, setidaknya carilah yang minimal berjumlah 6 slot USB karna untuk mouse, keyboard, headphone dan speaker.

Ingat kata – kata saya diatas, beli barang elektronik jangan tanggung – tanggung atau jangan terlalu pelit dengan harganya karna barang ini dipakai dalam jangka waktu lama. (biasanya itu tergantung CPU).

RAM

Komponen PC yang paling tidak diprioritaskan untuk di upgrade yaitu RAM bagi kebanyakan orang. Yap saya setuju asal sudah membeli RAM setidaknya 4 GB atau 8 GB dan berapun kecepatan MHz maka tidak ada alasan lagi untuk menambah atau mengganti tipe RAM yang lebih premium lagi.

Namun menurut saya sendiri mempunyai RAM hanya 8 atau 16 GB itu masih kurang apalagi cuman 4 GB, menurut saya sendiri standar PC sekarang sudah lebih tinggi. Apalagi khususnya PC gaming, yang biasanya memiliki banyak aplikasi latar belakang yang berjalan contohnya nih tanpa kamu sadari seperti antivirus, launcher toko game seperti Steam, Epic, GOG dan kawannya, lalu aplikasi komunitas yang banyak di instal oleh gamers seperti discord dan banyak lainnya.

Kamu tidak pernah menyangkan bahwa itu dapat mempengaruhi performa gamingmu. Game yang diharus memerlukan RAM sebanyak 8 GB dan kamu hanya memiliki 16GB tak kamu sangka sebelum memainkan gamenya, RAM yang terpakai di komputer kamu sudah setengahnya.

tips upgrade pc 3

Setidaknya saya merekomendasi minimal standar RAM saat ini adalah 16 GB untuk kecepatan RAM (MHz) bisa kamu atur sendiri sesuai kebutuhan CPU, Bila CPU tipemu haus akan kecepatan maka kamu harus memikirkan budget lebih untuk membeli RAM yang cepat atau (MHz) tinggi agar performa CPU kamu maksimal atau terlihat jelas.

Nah pertayaan, kapan waktu yang tepat untuk upgrade RAM?

Jawabannya adalah tergantung dari kebutuhan kamu, ini dapat di upgrade kapanpun. Bila kamu sering membuka banyak aplikasi atau memainkan game berat dengan grafis tertinggi tapi hanya memiliki 16 GB maka kamu bisa memikirkan untuk menambahnya menjadi 32 GB, tapi bila kamu tidak mengalami masalah seperti lemot membuka atau menjalankan suatu aplikasi dan atau terkadang didalam game ketika membuka menu atau sesuatu didalam game sering ngadat/terhenti sesaat, maka berarti kamu tidak harus segera mengupgrade karna tidak mempengaruhi game atau aplikasi.

Atau jika kamu kekurangan dana untuk mengganti RAM baru dan menambah hingga 32 GB setidaknya kamu bisa cicil 16 GB (8 X 2) saja dulu namun (MHz) yang lebih tinggi dari sebelumnya.

*Perlu di ingatkan, setiap CPU dan Motherboard memiliki kecepatan maksimal MHz RAM. Contoh kamu punya CPU atau Motherboard yang maksimalnya adalah 3200 MHz, nah kamu beli yang 3600MHz maka tidak bergunalah spek tinggi RAM itu karna CPU atau Motherboard tidak mampu menjalankan hingga setinggi itu.

Namun, bila kamu hanya memiliki 8 GB saja sebaiknya kamu segera menambahnya setidaknya 16 GB.

Saya sarankan sebelumnya membeli RAM. Pastikan jenis RAM yang akan dipasang di motherboard mendukungnya dan bila kamu menambahkan jumlah RAM pastikan jenisnya sama yang terpasang denganmu, bila kamu tidak tau atau ragu bisa ditanyakan pada pemegang merek (bukan si penjual/toko, kecuali kamu langsung beli toko pemegang merek contoh Corsair), di toko official online mereka atau media sosial mereka.

Jangan ragu bertanya sebelum membeli karna menyamakan RAM tidak juga harus juga menyamakan kecepatan MHz juga namun seri kode produk juga harus sama agar tidak terjadi masalah kedepannya, jika tidak hati – hati kamu akan rugi jika RAM dibeli tidak dapat gunakan atau malah mungkin dapat merusak komponen lainnya.

PSU

Terakhir PSU, yah sebenarnya ini tidak usah dibahas namun tanggung dan siapa tau ada yang butuh saran juga jadi saya buat aja. Kalau gitu kepertayaannya Kapan waktunya untuk upgrade PSU?

Upgrade-lah PSU ketika kamu menaikan tingkatan VGA kamu, contohnya sebelumnya kamu pakai VGA RTX 3060. Ini standarnya menggunakan PSU minimal 550W jadi Jika menggantinya ke RTX 3070 maka standarnya juga akan berubah menjadi 700W.

Namun, bila PC kamu bling – bling banyak komponen tambahan seperti kipas yang banyak, cahaya LED dimana – mana yang mengitari casingnya, maka kamu juga harus pertimbangkan beli daya yang lebih tinggi agar aliran listrik setiap komponen dapat teraliri dengan tepat. Jika kurang maka itu cukup bahaya bisa – bisa salah satu komponen ada yang rusak atau terjadi korsleting listrik (Hubungan pendek arus listrik) jika dipaksakan karena pas – pas-an dayanya.

Tapi bila kamu punya duit budget lebih dan ingin habiskan uang, belilah jenis PSU 80+ tingkat Gold atau Platinum atau Titanium. Jika kamu sangat peduli dengan tagihan listrik bulananmu maka mengupgradenya adalah suatu hal penting.

tips upgrade pc 6

Bayangkan saja PSU 80+ Titanium dapat melakukan efisiensi energi listrik hinggal 96% keatas contohnya; standar gamers memakai PSU 80+ Bronze dan tagihan listrik perbulan Rp 100.000 maka jika kamu menggunakan PSU 80+ Titanium maka listrik perbulan bisa berkurang menjadi Rp 30.000, dan kamu hemat Rp 70.000! lalu dalam setahun kamu menghemat biaya listrik hingga Rp 840.000! ingat ini contoh perhitungannya saja namun memang sangat menghemat listrik.

Memang harganya cukup mahal, walaupun kamu ingin membeli gold saja itu setara membeli motherboard kelas menengah yang baru. Tapi ingat, PSU dipakai dalam jangka sangat lama ketimbang komponen lainnya dan kemungkinan kamu tidak akan pernah menggantinya lagi jika tidak harus menambah daya Watt-nya. Ini bisa sebagai investasimu menghemat listrik untuk membeli generasi terbaru untuk komponen lainnya.

Komponen Pendukung Lainnya

Komponen pendukung lainnya yang saya masuk adalah seperti HDD, SSD, pendingin, Keyboard, mouse dan speaker atau headset.

Komponen ini tidak perlu kamu khawatirkan, anggap aja ini toping dalam sebuah makanan jadi mau diupgrade boleh jika tidak ya tak apa. Tapi, bila kamu belum mempunyai SSD sebaiknya ini di prioritaskan agar komputer kamu dapat loading super kenceng.

tips upgrade pc 7

SSD memang terbilang masih mahal bagi kita yang selalu kekurangan dana, tapi setidaknya beli saja yang ukuran 240GB untuk menaruh instalasi windows dan aplikasi utama lainnya (bukan game), bahkan ukuran segitu cukup untuk menaruh 1 game ukuran 100 GB.

Jika kamu punya game bertipe open world seperti Final Fantasy XV atau Cyberpunk 2077 maka prioritaskan game ini di bagian SSD agar kamu dapat menikmati game dengan cepat dan tidak terkendala oleh loading dalam game yang terbilang sangat lama dan juga loading ketika bermain yang ada objek baru tiba – tiba muncul.

Apa Yang Lebih Baik Di Upgrade Terlebih Dahulu?

Setelah semua penjelasan sekarang masuk ke dilema utamanya, jadi Apa Yang Lebih Baik Di Upgrade Terlebih Dahulu?

Saya buat saja menjadi contoh kasus bila tidak ribet menjelaskannya;

  1. Kamu sudah memiliki CPU, VGA, RAM yang bagus dan tidak terkendala FPS (diatas 30/60 FPS) tapi monitor kamu masih jadul atau hanya 60Hz dan kecepatan diatas 5ms maka kamu bisa utamakan segera membeli monitor yagn lebih canggih.
  2. CPU, VGA, RAM dan monitor kamu ketinggalan beberapa generasi disarankan mengupgradenya mulai CPU sekaligus motherboardnya lalu VGA (lihat kasus ketiga) dan kemudian RAM.
  3. Kamu punya VGA dan CPU yang ketinggalan beberapa generasi, ada 3 saran untuk hal ini.
    • Saran pertama, apabila game yang kamu main kebanyakan berfokus dengan tampilan visual seperti Battlefield 5 maka kamu harus lebih pentingkan VGA.
    • Saran kedua, apabila game yang dimainkan banyak partikel atau perhitungan didalamnya seperti game – game 3D Jepang atau game simulasi seperti Cities Skylines maka upgrade CPU lebih diutamakan.
    • Saran ketiga, jika game yang kamu main sering menampilkan grafis yang bagus dan perhitungan matematika atau simulasi seperti Battlefield 2042, Death Stranding & Monster Hunter World maka disarankan kamu mengupgrade keduanya bersamaan.
  4. Kamu punya monitor dan motherboard yang standar tidak bagus maupun jelek, disarankan untuk mengupgrade monitor terlebih dahulu karena menganti motherboard juga harus mengganti CPU.
  5. Kamu punya 16 GB RAM tapi tidak memiliki SSD, saya sarankan prioritas membeli SSD.
  6. Kamu memiliki 16 GB RAM dan memiliki SSD, saya sarankan untuk upgrade RAM, namun;
    • Bila kamu ingin loading gamemu cepat maka beli SSD saja, namun kebanyakan game tidak memerlukan SSD apabila HDD kamu memiliki kecepatan membaca yang cepat maka SSD tidak perlu.
    • Bila kamu tidak ingin mendapatkan masalah saat bermain game upgrade RAM lebih utama.
  7. PC kamu sudah memiliki teknologi terbaru semua, bila ingin upgrade maka upgradelah sesuai keperluan saja. Hemat anggaranmu untuk membeli teknologi yang lebih baik lagi generasi berikutnya atau belilah PSU 80+ Titanium atau diatas Gold setidaknya.
  8. Bila kamu sudah upgrade semua dan merasa tidak perlu upgrade lagi sampai 3 atau 5 tahun kedepan maka priotas berikutnya adalah aksesoris gaming kamu dan utamakan mouse, headset dan speaker. Kenapa harus ini 3 ini dulu? karen demi kenyamanan bermain kamu. Mouse komponen paling penting menurut saya ketimbang keyboard, karena keyboard yang murah sudah cukup untuk gaming tidak terlalu berperan besar lalu headset atau speaker ini penting yang kedua karena dengan suara audio yang jernih dan bagus kita akan semakin menikmati keniatan suara audio dari suatu game.
tips upgrade pc 9

Membeli Produk Bekas

Mungkin ini opsi lain bagi kalian ingin menghemat lebih banyak uang lagi, yaitu membeli komponen bekas pakai. Saya sendiri tidak terlalu suka membeli barang bekas karna beresiko tinggi akan terjadinya kerusakan karena terkadang penjual tidak jujur dengan produk yang mereka jual agar harga barang mereka tetap bernilai tinggi, jadi saya tidak pernah membelinya apalagi untuk barang yang sering saya pakai.

Jika kamu nekat ingin membeli barang bekas, saya akan ingatkan beberapa hal;

Jika kamu membelinya di toko online

  • Carilah penjual terpercaya atau meyakinkan. Jangan sampai tertipu apa yang ditulis di deskripsi, mintalah bukti foto atau video fisik barang asli dan data apapun sebanyak apapun yang kamu ketahui.
  • Jangan tergiur barang dijual harga terlalu miring. Barang dijual terlalu miring atau murah bisa jadi barang tersebut sudah usang atau hampir rusak atau pemakaiannya sudah melebihi batas wajar, tapi ada kemungkinan penjual menjual murah karna butuh uang cepat.
  • Jangan membeli barang yang hampir mendekati harga barang baru. Buat apa kamu membeli barang bekas yang perbedaan hanya kurang dari 1 juta saja dengan beberapa ratus ribu saja kamu dapat barang baru yang lebih aman. Tapi jika kamu memiliki data lengkap tentang barang bekas tersebut dan masih terlihat sehat atau baru maka berpikir untuk membeli barang itu bisa kamu pikir – pikir lagi karna tetap menguntungkan.

Jika kamu membelinya dengan offline atau COD

  • Lebih baik membeli dari teman kamu atau ke teman dan ketemannya lagi ketimbang membeli online dan bertemu langsung. Ini karena jika membelinya dari teman biasanya akan lebih jujur tentang barangnya ketimbang membeli dari orang di online lalu bertemu langsung yang berisiko bohong dan mungkin menggunakan trik – trik agar barang terlihat masih bagus dan sehat.

Saya tidak bilang membeli barang bekas itu tidak bagus, namun orang jujur itu lebih sedikit ketimbang orang yang berbohong. Penjual pasti pengen dong mendapatkan untung setinggi – tingginya dari penjualannya, itu trik dasar dalam berbisnis. Jadi gunakanlah insting kalian saat ingin membeli barang bekas dengan kualiatas masih baru.


Penutup Artikel Upgrade PC

Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam memilih komponen dan juga pilihan yang mana harus di upgrade terlebih dahulu.

Iklan - Komentar dibawah
- Iklan -
- Iklan -

Latest News

Among Us Resmi Mengumumkan Kolaborasi Dengan HOLOLIVE

Innersloth selaku pembuat game Among Us mengumumkan bekerja sama dengan salah satu perusahaan agency vtuber yaitu Hololive. Melalui pengumuman...
- Iklan -
- Iklan -

Berlangganan ke Blog via Email

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini