- Iklan Pintar Anime News Plus -

Setelah empat tahun dari rilisnya anime Tsurune (Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu), akhirnya Kyoto Animation mengumumkan tayangnya sebuah film layar lebar animasi dari franchise anime televisinya. Kyoto Animation mengonfirmasi berita tersebut dengan menayangkan sebuah video promosi di kanal youtube pada hari Senin, 13 September 2021.

Video promosi tersebut mengungkapkan bahwa film Tsurune akan dibuka di Jepang pada tahun 2022, dan juga menunjuk Takuya Yamamura sebagai sutradara yang kembali di Kyoto Animation. Kyoto Animation menyatakan akan menginformasikan rincian lebih lanjut tentang film di kemudian hari.

tsurune visual
poster visual Tsurune

Anime Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu ditayangkan perdana di Jepang di saluran NHK-General pada Oktober 2018. Sentai Filmworks melisensikan anime dan menayangkan serial ini di Crunchyroll dan HIDIVE (dengan dub bahasa Inggris) saat ditayangkan di Jepang. Sentai Filmworks merilis anime ini sebagai media video rumahan pada Januari 2020. Rilisan ini termasuk video asli anime dan episode ke-14 yang tidak ditayangkan secara umum.

- Iklan Pintar Anime News Plus -
keyvisual scaled 1

Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudou-bu (Kazemai High School’s Archery Club) awalnya adalah serial novel ringan yang diterbitkan oleh Kyoto Animation melalui label imprint KA Bunko. Ditulis oleh Kotoko Ayano dengan ilustrasi yang dikerjakan oleh Chinatsu Morimoto. Novel ini pertama kali terbit pada Desember 2016 dan edisi keduanya telah dirilis pada 9 Februari lalu. Novel Tsurune berhasil meraih penghargaan khusus juri pada ajang Kyoto Animation Awards ke-7 tahun 2016.

Dalam Tsurune dikisahkan Minato Narumiya, seorang siswa SMP yang menggeluti olahraga panahan khas Jepang. Namun, ia berhenti memainkan olahraga ini karena suatu insiden. Ketika masuk SMA, Minato bertemu dengan teman-temannya dan bergabung dengan klub panahan di sekolah barunya. Mereka berusaha untuk mengharumkan nama sekolahnya dengan menjadi juara lomba panahan tingkat prefektur.

Takuya Yamamura (sutradara Violet Evergarden episode 7 dan 12, Sound! Euphonium episode 3 dan 10 sutradara) menyutradarai anime ini sebagai debut penyutradaraan serinya, sementara Michiko Yokote (Shirobako, Children of the Whales, Karakai Jōzu no Takagi-san) bertanggung jawab dari skrip serinya. Miku Kadowaki (Beyond the Boundary, Amagi Brilliant Park, Miss Kobayashi’s Dragon Maid) mendesain karakternya. Harumi Fuuki (Nona Hokusai, Hutan Piano) menggubah musiknya. Lantis menangani produksi musik. Luck Life membawakan lagu tema pembuka “Naru,” dan ChouCho membawakan lagu tema penutup “Orange-iro” (Warna Oranye).

- Iklan Pintar Anime News Plus -