Senin, September 27, 2021
- Iklan -

Perbedaan Sekuel, Prekuel dan Spin-Off

- Iklan -

Must Read

Ghost
Hanya seorang Pemuda biasa yang mengisi waktu luang dengan menulis artikel

Halo semua kembali lagi bersama saya Admin Ghost, yang kembali muncul setelah menghilang lumayan lama ternyata ya….? Kembali lagi saya hadir pada post Basic Knowledge ANP. Dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan info mengenai perbedaan istilah Sekuel, Prekuel, dan Spin-Off. Meskipun ketiga istilah ini merupakan istilah yang sangat umum (dan pasti kebanyakan dari kalian sudah pada tau artinya). Oke tanpa berlama lama lagi berikut adalah pembahasannya.

Sekuel (Sequel)

Prekuel,Spin-Off,Sekuel

Penjelasan sekuel secara singkat adalah sebagai berikut :

Sekuel adalah sebuah karya dalam sastra, film, atau media lain yang menggambarkan kronologis kejadian orang-orang berikut kerja sebelumnya.

Prekuel,Spin-Off,Sekuel
Sword Art Online merupakan contoh seri yang tetap konsisten dengan 1 karakter utama. Source: The Gamer

Jadi secara mudahnya, Sekuel (Sequel) merupakan cerita lanjutan dari cerita utama (cerita awal). Sekuel dapat melanjutkan cerita dari cerita utama, maupun membuat cerita baru dari karakter dan dunia yang sama dengan cerita utama. Protagonis dalam sekuel dapat merupakan protagonis yang sama dengan cerita utama.

Prekuel,Spin-Off,Sekuel
Jojo Bizare Adventure merupakan contoh untuk seri yang konsisten untuk selalu ganti karakter utama di tiap sequelnya. Source: Critical hit

Namun, jika dalam akhir cerita utama atau dalam sekuel tersebut Sang protagonis cerita utama dianggap telah mati (mati yang dimaksud disini bisa juga diartikan sebagai sudah pensiun/menghilang/sudah berhenti dll). Maka protagonis dalam sequel dapat digantikan oleh karakter baru, baik itu karakter sampingan dalam cerita awal maupun karakter yang 100% baru (karakter yang belum pernah muncul dalam cerita awal).  

- iklan -

Karena kebanyakan sequel diriis dalam format Season, maka Admin hanya akan menjelaskan perbedaan dalam penulisan judul pada sekuel.

Prekuel,Spin-Off,Sekuel
Penambahan angka dibelakang jdul merupakan cara paling mudah untuk mengenali sebuah sequel. Source : Anime Planet.

Dalam penulisan judul, umumnya sekuel akan menambahkan angka atau keterangan season di akhir judulnya, sebagai pembeda dari cerita utama. Contohnya seperti Sword Art Online II, Boku no Hero Season 2, atau Baka to Test to Shoukanjuu Nii, dan masih banyak lagi.

Prekuel,Spin-Off,Sekuel
Ada juga sekuel yang menambahkan sub judul sebagai pembeda dari cerita utama, seperti Nanatsu no Taizai: Imashime no Fukkatsu contohnya. Source: Pinterest.

Ada juga sequel yang menambahkan sub judul pada akhir judul, yang berfungsi sebagai dengan judul dari cerita utama. Contohnya seperti Nanatsu no Taizai: Imashime no Fukkatsu, Fate/Stay Night Unlimited Blade Works, Naruto: Shippuden, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Prekuel,Spin-Off,Sekuel
Hinowa ga Yuku! (sekuel dari Akame ga Kil)l, merupakan contoh sekuel yang menggunakan judul baru. Source : Akame ga Kill Fandom

Selain itu ada juga sekuel yang diberi judul baru yang terkesan tidak berhubungan dengan judul cerita utama. Contohnya seperti Hinowa ga Yuku! (sekuel dari Akame ga Kill), Fuuka (sekuel dari Suzuka), dan Yashahime (sekuel dari Inuyasha). Judul sekuel seperti ini terkadang membuat banyak orang tidak sadar, kalau yang mereka tonton/baca merupakan sekuel.

Prekuel (Prequel)

Prekuel,Spin-Off,Sekuel

Secara singkat penjelasan prekuel adalah sebagai berikut :

Prekuel dalam karya sastra, drama dan film adalah sebuah karya yang ceritanya berlatar sebelum karya sebelumnya, yang berfokus pada kejadian yang terjadi sebelum kisah aslinya.

- iklan -

Secara bahasa, kata prekuel (prequel) berasal dari gabungan prefiks “pre-” (dari Bahasa latin prae, “sebelum”) and “sekuel”. Secara mudahnya prekuel merupakan cerita sebelum dimulainya cerita utama, namun dirilis setelah cerita utama. Biasanya prekuel dibuat untuk, menjelaskan latar belakang yang menuntun kepada peristiwa-peristiwa yang ada di cerita utama (baik ditunjukan secara langsung atau tidak langsung). Agar penonton bisa mendapat kesimpulan yang lebih mantap terhadap keseluruhan ceritanya.

Prekuel,Spin-Off,Sekuel
No Game No Life : Zero merupakan contoh prekuel yang dirilis sebagai Movie. Source: Amazon.

Dalam dunia Animanga, selain diadaptasikan menjadi seri anime tersendiri seperti Fate/Zero (prequel dari Fate/Stay Night), Handa-kun (prequel dari Barakamon), dan kizumonogatari (prequel dari Bakemonogatari). Prequel juga dapat dirilis sebagai movie, seperti No Game No Life:Zero, dan High Speed!: Free! Starting Days.

Prekuel,Spin-Off,Sekuel
Cerita Hashirama dan Madara yang merupakan cerita prequel dari seri Naruto, yang ditampilkan dalam format episode filler.

Namun kebanyakan, prekuel cenderung lebih sering diadaptasikan menjadi OVA atau episode Special. Beberapa contohnya seperti Mobile Suit Gundam: The Origin (prequel dari Mobile Suit Gundam), Dragon Ball Z: Bardock (prequel dari Dragon Ball), dan Pokemon the Origin (Prequel dari Pokemon). Selain itu beberapa prequel juga sering diselipkan dalam episode filler (flashback) di berbagai seri anime seperti, di Naruto, Fairy Tail, dan One piece.

Sempalan (Spin-Off)

Prekuel,Spin-Off,Sekuel

Penjelasan Spin-off secara singkat adalah sebagai berikut :

Sempalan (Inggris: Spin-off atau spinoff) adalah sebuah cerita baru yang merupakan hasil pemisahan atau pemecahan dari Cerita Utama.

Spin-off secara gampangnya merupakan cerita sampingan yang merupakan pecahan dari cerita utama. Spin-off biasanya akan menceritakan cerita dari karakter sampingan, yang biasanya lebih popular dari karakter utamanya.

Prekuel,Spin-Off,Sekuel
SAO Alternative: Gun Gale Online merupakan salah satu Spin-Off yang tidak menampilkan karakter dari cerita utama. Source: Kaori Nusantara
- iklan -

Namun bisa juga menceritakan karakter lain, yang tidak ada hubungannya secara langsung dengan cerita utama, dengan catatan ceritanya masih dalam 1 dunia yang sama dengan cerita utama. Spin-off sendiri bisa secara tidak langsung menjadi sequel atau prequel dari cerita utama (tergantung pada latar waktu pada cerita tersebut). Namun spin-off juga bisa menjadi cerita non-canon (tidak terhubung dengan cerita utamanya). 

Prekuel,Spin-Off,Sekuel
Kishibe Rohan wa Ugokanai merupakan Spin-off karakter Kishibi Rohan dari Seri JJBA yang drilis dalam format OVA. Source: IMDb

Dalam dunia Animanga, spin-off banyak dirilis dalam format season tersendiri. Beberapa ontohnya seperti Fate/Ilya Series, SAO Alternative: Gun Gale Online, Magic Kaito, dll. Namun terkadang spin-off juga kadang dirilis dalam format OVA atau special episode. Contohnya seperti Kishibe Rohan wa Ugokanai, Attack on Titan Kunikai Sentaku, dan Dragon Ball Z: the History of Trunks.

Jadi bagaimana? Apa sudah cukup jelas ? jika ada yang masih kurang jelas silahkan Tanya di kolom komentar di bawah ya…. 

- Iklan -

Tinggalkan Balasan

- Iklan -

Latest News

Anime Blue Period Perlihatkan PV Kedua

Anime Blue Period memperlihatkan PV kedua mereka. PV kali ini menampilkan cuplikan cerita, para karakter, sekaligus memperdengarkan lagu Opening....
- Iklan -
- Iklan -

Berlangganan ke Blog via Email

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini

id Indonesian
X