Senin, September 27, 2021
- Iklan -

Urutan Cerita Seri NieR, Sequel, Prequel dan Spin-offnya

Garis waktu cerita dari game NieR dan Drakengard.

- Iklan -

Must Read

Shiroe
There is no day without gaming.

Kalian tahu pasti tentang game NieR:Automata bahkan kamu sudah memainkannya atau mungkin kamu ingin membelinya. Sebelum membeli atau kamu yang sudah memainkannya tahukah kamu bahwa game ini merupakan sequel dari game lainnya. Berikut mimin ceritakan Urutan Cerita Seri Game NieR.

Bahkan jauh lebih dari bayangan kamu cerita game ini lebih komplek dan rumit. Padahal cerita dari NieR:Automata sudah cukup komplek dan ternyata game ini hanya merupakan game sakuelnya.

NieR:Automata merupakah kisah sequel yang diambil game Nier dalam kisahnya NieR:Automata ini merupakan jalan cerita Bumi 1000 tahun, tidak ini lebih dari itu kisah ini diambil puluhan ribuan tahun setelah kisah dari kejadian Nier.

Harap untuk tidak melanjutkan membaca bila kamu tidak ingin terkena spoiler gamenya. Untuk mengetahui game-gamenya kamu dapat lihat dihalaman ke-4.

Drakengard

- iklan -

Singkat cerita game Drakengard sebagai pembuka cerita komplek dari Urutan Cerita Seri NieR. Game yang berbeda namun ini merupakan awal mula cerita dari peristiwa musnahnya umat manusia.

Drakengard terjadi di dunia fantasi abad pertengahan gelap yang disebut Midgard. Dunia dilindungi dari jatuh ke dalam kekacauan oleh Anjing Laut, benda yang secara ajaib terkait dengan seorang wanita yang dipilih sebagai Dewi Segel. Jika segel dan Dewi dihancurkan, makhluk jahat yang dikenal sebagai Watchers akan memasuki dunia untuk menghancurkan umat manusia.

drakengard
Visual Key Drakengard

Unsur utama dunia adalah kemampuan manusia dan binatang buas untuk membentuk perjanjian, ritual yang mengikat jiwa mereka bersama dan memberikan kekuatan besar. Kehidupan mereka menjadi terikat oleh pakta, dan manusia membayar harga untuk itu dalam bentuk beberapa atribut (misalnya suara mereka, penglihatan mereka atau kemampuan mereka untuk menua). 

Selama peristiwa Drakengard, Union, yang melindungi The Seals, berada di tengah-tengah perang agama dengan Kekaisaran, kekuatan yang dipimpin oleh seorang pemuja yang percaya bahwa menghancurkan The Seals akan membawa keberuntungan bagi mereka. Player akan bermain sebagai Caim.

Nier/Nier Replicant/NieR Replicant ver.1.22474487139…

Nier atau sekarang dengan nama barunya Nier Replicant setelah di remake tahun 2010 dan mendapat remake lagi dengan judul sekarang NieR Replicant ver.1.22474487139… [nama projek sementara] yang gamenya sedang dalam tahap pengembangan. Merupakan kisah spin-off dari seri utamanya yaitu berjudul Drakengard dari 2 seri utamanya lainnya yaitu Drakengard 2 dan Drakengard 3.

- iklan -

Nier merupakan kisah yang diambil dari Drakengard seri pertama ending ke 5-nya [Ending E]. Yaitu peristiwa manusia yang telah meninggalkan planet Bumi dalam keadaan rusak. Diterapkan lebih dari seribu tahun setelah seri utama [1.312 M]. Pemain akan bermain sebagai Nier sang protagonis.

Nier Replicant
Ilustrasi Nier Replicant

Dalam dunia ini manusia telah musnah, tubuh manusia diganti dengan tubuh baru yaitu replicant untuk melawan atau lebih tahan terhadap penyakit Black Scrawl. Jadi setelah manusia mati ingatan dan serta jiwa akan disalin ke tubuh bernama replicant. Lalu disini Devola dan Popola yang mengawasi projek tersebut.

Dalam dunia ada juga disebut Gestalts, atau Shades merupakan tubuh replicant yang telah bervolusi, para replicant menyebutnya demons karena mereka makhluk jahat pada awalnya namun mereka terlihat lebih mirip dengan manusia.

Nier menceritakan tentang pencarian menemukan obat dari wabah penyakit mematikan bernama Black Scrawl di tahun 2049 M. Saat ia berusaha menemukan obat untuk penyakit, adiknya bernama Yonah meninggal. Dan disinilah pemain akan di potong selama 1000 M lamanya, lalu Nier dan Yonah tinggal di desa yang merupakan bekas reruntuhan kota.

Nier masih berjuang menemukan obat dengan tubuh barunya replicant untuk menukan obat untuk Yonah. Bejruang dengan buku bisa berbicara yang dikenal sebagai Grimoire Weiss, ia melakukan perjalanan dengan dua karakter lain, Kainé dan Emil, ketika ia berusaha untuk menemukan obat dan memahami sifat makhluk yang dikenal sebagai Shades yang mengintai dunia.


- iklan -

Catatan: saat mencari seri game NieR di google pasti kalian juga menemukan judul NieR Gestalt. Ini merupakan seri yang sama dengan Nier Replicant. Alur cerita sama namun ada sedikit perbedaan pada gambar, cut scane, banyak ending dan model karakter. Nier Replicant memiliki ending A,B,E,D,E sedangkan NieR Gestalt hanya sampai D. Bisa dibilang versi Nier Replicant lebih lengkap.

Dibawah ini merupakan trailer Nier 2010, Nier Replicant dan NieR Replicant ver.1.22474487139… sebagai game seri nier berikutnya.

Nier Replicant 2013
NieR Replicant ver.1.22474487139…

NieR:Automata

Setelah kejadian Nier berlanjutnya seri ini ke berikutnya yaitu berjudul NieR:Automata yang merupakan kisah kejadian ribuan tahun setelahnya [11945 M] yang diambil dari ending keempat [Ending D] dari kisah utama Nier.

NieR:Automata
Visual Key NieR:Automata

NieR:Automata sama sekali tidak ada hubungannya dengan kisah Nier dan Drakengard 1 atau sisa seri lainnya. Namun ini masih dalam semesta yang sama. Ingat NieR:Automata hanya tidak terhubung dalam bentuk narasi saja namun beberapa karakter juga akan hadir di game ini.

Karakter Penghubung Dunia

Urutan Cerita Seri NieR ke seri selanjutnya sebagai penghubung yaitu Devola dan Popola merupakan karakter dari seri Nier dan hadir kembali dalam NieR:Automata namun 2 kaka beradik ini telah diprogram ulang untuk menyesal seumur hidup tanpa ada akhir sampai mereka rusak atau mati. Dalam 2 seri NieR mereka selalu diceritakan hal tragis, kakaadik ini selalu mati berdua.

Pada cerita sebelumnya mereka telah menyebabkan kepunahan pada manusia di seri Nier pada seri model mereka sebelumnya.

Lalu Emil yang juga merupakan karakter dari seri Nier dia kehilangan ingatannya karena menyalin dirinya untuk melawan alien dan menjadi gila yang akhir menjadi sebuah bos rahasia yang harus player cari tahu sendiri dan ini merupakan ending rahasia dari kisah lainnya.

Kisah NieR:Automata

Kisah NieR:Automata menceritakan tentang dunia yang sudah mati dimana manusia sudah tidak ada dan bahkan alien sudah tidak ada. Namun, para Android ini tidak mengetahuinya hingga mereka menemukan kebenarannya. Bahkan di antara Android sendiri ada yang menganggap dirinya adalah manusia.

Ini tentang kisah Android buatan manusia melawan Android pasukan alien. Pasukan Android buatan manusia disebut sebagai YoRHa sebagai satuan khusus dan masrkasnya mengorbit di bumi sebagai kapal pengintai.

Android yang dibumi disebut pre-YoRha mereka menyebut dirinya sebagai Resistance. Singkat cerita YoRha yang mengorbit di bumi dan yang berada di bumi bersatu melawan alien.

Dalam ini player dapat memain karakter sebagai 2B dan 9S. Lalu untuk menemukan ending lain player juga dapat memain ending A2 sebagai karakter mandiri yang telah keluar dari YoRha dan andorid yang telah menemukan identitas aslinya, akhir perjuangan manusia dan akhir dari para alien.

Selanjutnya berjudul NieR Re[in]carnation merupakan kisah spin-off dari Drakengard. Menurut informasinya NieR Re[in]carnation merupakan kisah spin-off dari Drakengard yang ke-3. Artinya NieR Re[in]carnation merupakan dunia yang sama dengan Drakengard namun bukan kelanjutan dari NieR:Automata.

Drakengard 3

Drakengard 3 merupakan game prequel dari seri awal game awalnya Drakengard. Singkat cerita Drakengard 3 merupakan kisah sebelum peristiwa Drakengard, kira-kira sekitar 100 tahun lalu. Drakengard dan Drakengard 3 secara garis besar memiliki garis waktu yang berbeda jadi tidak terkait dengan peristiwa dalam Drakengard. Ini pada dasarnya mengisahkan para naga dan legenda.

Drakengard 3
The Six Intoners

Drakengard 3 sama seperti seri Nier dan Drakengard lainnya, itu tentang keamanan umat manusia. Ini menceritakan kisah tentang 6 saudara perempuan. Pemain bermain sebagai Zero sebagai protagonis dan anti hero. Uniknya yang membuat saya sedikit bingung, dunia ini ada sebuah karakter bernama Accord sebuah android yang dibuat oleh “dunia lama [old world] untuk memonitor dan mendokumentasikan semua jadwal waktu. Jadi saya sempat berfikir mungkin asal mula teknologi android dalam kisah Nier ada di Drakengard 3 atau mungkin lebih jauh dengan game khusus lainnya. Jadi jauh dari peristiwa Drakengard teknologi Android memang sudah dikembangkan.

Drakengard 3 dibuat untuk memasukan elemen narasi gelap dan juga untuk menyatukan cerita dengan peristiwa Nier.

NieR Re[in]carnation

Detail cerita NieR Re[in]carnation belum tersedia karna game ini belum rilis secara resmi. artikel akan diperbarui bila alur cerita sudah saya ketahui.

Tentang game ini disini dan informasi cbt disini.

Drakengard 2

Mimin hanya sedikit menambahkan cerita yang ditarik garis besarnya tentang Drakengard 2. Tidak dibahas lanjut karena game tidak ada kaitannya dengan seri Nier. Karena cerita diambil dari kisah original dari Drakengard [Ending A], kalian bisa anggap happy ending atau cerita original dari ceritanya.

Drakengard 2
Ilustrasi Drakengard 2

Drakengard 2 terjadi di tanah yang tidak disebutkan namanya hampir dua dekade setelah peristiwa Drakengard: originally dikatakan terjadi setelah akhir ending pertama [Ending A], itu kemudian retconned sehingga terjadi dalam timeline yang terisolasi mengikuti acara yang mirip dengan Drakengard . Dalam game asli, dua kekuatan, Kekaisaran dan Serikat, terlibat dalam perang agama atas The Seals, ikatan magis yang terikat pada Dewi Segel yang dipilih yang membuat entitas gelap yang dikenal sebagai Pengamat muncul.

Di dunia fana dan menghancurkan umat manusia. Terperangkap dalam konflik adalah Caim dan Angelus, seorang manusia dan seekor naga yang telah membuat pakta (ritual magis yang menghubungkan jiwa mereka), dan berjuang untuk mencoba menjaga Seal dan Dewi itu tetap aman. Meskipun mereka akhirnya gagal, Angelus menjadi meterai baru, menghindari akhir dunia. Delapan belas tahun kemudian, Anjing Laut dilindungi oleh Ksatria Segel, yang akhirnya tumbuh menjadi kekuatan yang mendominasi di negeri itu.


Nah itu dia Urutan Cerita Seri NieR, untuk alur cerita NieR Re[in]carnation akan diperbarui ketika game ini telah rilis versi final atau setidaknya versi bahasa inggris rilis.

Kesimpulan Alur Cerita NieR

Kamu dapat meyimpulkan semua game ini tidak memiliki narasi cerita yang saling terhubung. Namun kamu tahu latar belakang dunia tersebut karena dunia dari 2 game tersebut saling terhubung [Semesta yang sama].

Contoh-nya bunga pada game NieR:Automata pada ingatan Emil yang sebelumnya ada di peristiwa Nier Replicant lalu bunga bercahaya yang kamu temukan di NieR:Automata itu mirip seperti bunga pada karakter zero di Drakengard 3.

Drakengard 3
Adegan dalam Drakengard 3.

Seperti awal kamu bermain NieR:Automata dalam cerita kamu hanya menemukan sepotong cerita kenapa manusia telah musnah, namun dengan mengetahuinya kamu tahu bahwa kamu dapat menemukan cerita detailnya di game Nier Replicant dan untuk kisah masa lampau dari game Nier Replicant kamu dapat mencari tahunya di game Drakengard.

Bila kamu masih bingung, jadi seri NieR merupakan dunia alternatif dari berakhirnya cerita di Drakengard bila kamu menemukan ending ke 5 [Ending E]. Yang dimana dalam alternatif cerita ini menceritakan proses musnahnya manusia hingga tinggal Android pejuang saja yang tertinggal.

Namun untuk NieR Re[in]carnation mungkin akan menjadi cerita yang berbeda nantinya karena ini merupakan sebuah spin-off dari Drakengard.

Dugaan

Kamu tak perlu memikirkan bagian ini ini hanya sebuah dugaan saya dari Urutan Cerita Seri NieR. kamu perhatikan judul game yang digaris tebal diatas kecuali yang bergaris tebal NieR itu hanya penyebutan dari serinya oleh saya.

Seri utama NieR bertulisan seperti Nier tanpa tulisan R besar. Saya menyimpulkan bahwa R adalah robot atau manusia mesin. Jadi saya berfikir bahwa pada penulisan NieR:Automata adalah untuk Nier dalam versi robot [Android] jadi android di masa NieR:Automata memiliki sifat warisan karakter Nier dalam seri game Nier. Selanjutnya NieR Re[in]carnation mungkin ini berarti reinkarnasi dari karakter Nier.

Lalu terakhir nama Yonah dalam Nier. Mungkin nama pangkalan android YoRHa diambil dari nama Yonah.

Karakter Misterius Accord

Karakter Android bernama Accord dalam dunia ini, karakter ini muncul dengan jelas pada seri Drakengard ke 3. Karakter ini sangat misterius sekali cerita tentang karakter ini sangat dikit sekali. Asal usul Accord dan penciptanya tidak diketahui. Tugas mereka untuk merekam kejadian dunia termasuk singularitas yang terjadi di waktu Drakengard 3 yaitu karakter Zero seorang karakter anti hero. Informasi yang diketahui dari dia hanya sangat benci sekali dengan akhir cerita yang buruk.

Accord

Nama Accord muncul juga di game NieR:Automata dan itu tidak menjelaskan tentang siapa dia. Nama Accord itu dapat ditemui di Resistance Weapon Trader, yang menjelaskan Accord sebagai pemilik bisnis.

Nama Accord di peristiwa Drakengard dan Nier Replicant tidak ditemukan, (antara tidak ada player yang bisa nemukan sepotong narasinya atau memang sengaja tidak di masukan oleh penulis cerita gamenya atau hanya sengaja memasukan humor pada cerita).

Pada game lainnya berjudul SINoALICE. Game ini tidak termasuk timeline [dunia] dalam cerita, namun masih disutradari oleh game yang sama dengan NieR dan Drakengard. Adanya game itu masih tetap tidak menjelaskan karena di game itu hanya menjelaskan salah satu Android Accord yang merekam kejadian Drakengard 3.

Akankah ada game khusus tentang karakter ini nanti dengan judul baru, untuk menjelaskan siapa dia dan hubungannya dengan narasi NieR dan Drakengard.

Daftar Game

  • Drakengard, 11 September 2003 (PlayStation 2)
  • Drakengard 2, 16 Juni 2005 (PlayStation 2)
  • Drakengard 3, 19 Desember 2013 (PlayStation 3)
  • Nier, 22 April 2010 (PlayStation 3, Xbox 360)
  • Nier Gestalt, 22 April 2010 (PlayStation 3, Xbox 360)
  • Nier Replicant, 22 April 2010 (PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox One, PC)
  • NieR:Automata, 23 Februari 2017 (PlayStation 4, Xbox One, PC)
  • NieR Replicant ver.1.22474487139…, 23 April 2021 (PlayStation 4, Xbox One, PC)
  • NieR Re[in]carnation, 18 Februari 2021 (iOS, Android)

- Iklan -

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

- Iklan -

Latest News

Battlefield Mobile Alpha Sudah Dapat Di Unduh – Video Gameplay

Battlefield Mobile pada tanggal 24 September kemarin sudah dapat diunduh dan dimainkan bagi yang sudah mendaftarkan. Battlefield Mobile yang...
- Iklan -
- Iklan -

Berlangganan ke Blog via Email

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini

id Indonesian
X