Memahami Istilah Remaster, Remake, dan Reboot

Must Read

Rekomendasi Visual Novel Slice of Life (Bagian 1)

Halo, karena belum ada rekomendasi untuk Visual Novel, mimin akan memberikan rekomendasi Visual Novel dengan tema Kehidupan...

Rekomendasi Anime Sci-fi Bagian 1

Halo pembaca sekalian! kali ini saya akan memberikan beberapa Rekomendasi anime Sci-fi yang mungkin bisa menjadi rujukan...

Rekomendasi Anime Summer 2020

Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu 2nd SeasonRekomendasi anime summer 2020 yang pertama...
Ghost
Hanya seorang Pelajar STM biasa, yang mengisi waktu luang dengan menulis artikel

Halo semua kali ini bersama Admin Ghost, pada kesempatan kali ini Admin akan membahas tentang perbedaan dari istilah Remake, Reboot, dan Remaster.

Mungkin kebanyakan dari kalian masih bingung dengan perbedaan dari ketiga istilah diatas. Tapi tenang saja, karena Admin akan membahasnya secara singkat dan semudah mungkin untuk dipahami. Tanpa berlama lama lagi mari kita masuk ke pembahasan pertama.


Remaster/Definitive Edition

Yang pertama dari yang paling mudah dipahami adalah Remaster, secara singkat Remaster dapat diartikan sebagai berikut :

Memperbaiki kualitas visual dan performa dari suatu game, tanpa harus mengganti atau merubah inti dari game tersebut.

Perbandingan grafis antara game original vs Remaster. Source : Candyland Youtube Channel

Jadi ubahan pada Remaster hanya sebatas pada visual gamenya saja. Dengan kualitas grafis yang jauh lebih diperhalus, kualitas texture dan lightning yang diperbaiki, perbaikan bugs & glitch, frame rate yang lebih baik, serta dukungan resolusi yang tinggi. Secara proses pembuatan, Game Remaster cenderung lebih mudah untuk dibuat. Game-game Remaster ini hadir, untuk memberikan rasa asli dari gamenya namun dengan kemasan yang lebih modern. Tujuannya agar bisa menarik minat para gamer baru untuk memainkan gamenya. Biasanya game yang di Remaster memiliki mekanik gameplay yang belum terlalu tua, dan cenderung masih bisa diterima oleh para gamer baru.

Definitive Edition akan memuat seluruh DLC di dalam gamenya, contohnya seperti dalam game Metal Gear Solid V: Definitive Experience.

Sementara Definitive Edition memiliki arti hampir sama dengan Remaster. Bedanya adalah Definitive Edition biasanya ditujukan untuk, game yang berada di Curent-Gen yang akan diporting ke Next-Gen. Umumnya game yang berlabel Definitive Edition, sudah memuat semua DLC dari versi Curent-Gen.

Contoh gamenya antara lain: Resident Evil 4 UHD Edition, Dark Souls Remastered, Xenoblade Chronicles Definitive Edition, Final Fantasy Series (I, II, V, VI, VIII, IX, X, X-2, XII, Type-0 HD) HD Remastered, Ni No Kuni: Wrath of White Witch, Devil May Cry HD Collection.


Remake

Selanjutnya ada Remake yang sekarang ini lagi trending-trendingnya. Secara singkatnya pengertian Remake adalah sebagai berikut :


Membuat ulang suatu game dari awal (dari nol), dengan gameplay, sound design, dan visual yang 100% baru, tanpa merubah Jalan cerita dari game originalnya.

Jadi intinya game-game Remake ini merupakan game yang hampir 100% baru. Secara pembuatan, proses membuat game Remake juga lebih sulit dilakukan jika dibandingkan Remaster. Namun game Remake biasanya akan tetap mempertahankan cerita asli dari game originalnya. Game remake sendiri biasanya terbagi 3 jenis :

Crash Bandicoot N-Sane Triology merupakan contoh game Remake yang hampir tidak merubah gamrplay dan menambahkan fitur baru dalam gamenya.

Yang pertama adalah, game Remake yang tetap mempertahankan gameplay dari game originalnya. Biasanya game Remake tipe ini bertujuan untuk memberikan rasa nostalgia kepada pemainnya. Selain itu biasanya mekanik dari game original yang akan diremake masih bisa diterima. Beberapa contoh gamenya antara lain; Crash Bandicoot N-Sane Triology, Spyro Re-Ignite Triology, Shadow of Colossus, Final Fantasy III & IV Remake.

Final Fantasy VII Remake merupakan contoh game remake yang merubah gameplaynya secara keseluruhan.

Yang kedua adalah game Remake yang mengubah gameplaynya secara keseluruhan. Game Remake tipe ini ditujukan untuk game yang mekaniknya sudah terlalu tua dan tidak cocok untuk gamer pada masa kini. Game ini juga biasanya ditujukan untuk menarik minat gamer baru, ketimbang mementingkan nostalgia. Beberapa contoh gamenya adalah Final Fantasy VII Remake, Resident Evil 2 Remake, Klonoa (Wii).

Legend of Zelda Links Awakening merupakan contoh game Remake yang tidak hanya mempertahankan gameplay originalnya, namun juga nenambahkan fitur baru dalam gamenya.

Dan yang terakhir adalah game Remake yang tetap mempertahankan gameplay aslinya, namun diberi fitur baru agar lebih modern. Biasanya tipe ini dibuat untuk nostalgia, sekaligus untuk menarik minta dari gamer muda. Contoh gamenya seperti; Legend of Zelda: Links Awakening, Resident Evil Remake, CTR: Nitro Fueled.

Contoh gamenya: Resident Evil 2 Remake, Final Fantasy VII Remake, Legend of Zelda: Links Awakening, CTR: Nitro Fueled, Crash Bandicoot N Sane triology, Spyro Re-Ignite Triology, Shadow of Colossus, Final Fantasy III, Final Fantasy IV.


Reboot

Satu lagi istilah yang sering kita jumpai baik dalam francise film maupun game. Secara singkatnya pengertian Reboot adalah sebagai berikut :


Reboot adalah membuat ulang game dari franchise yang sudah ada, dengan tujuan untuk mengulang (Mereset) seri tersebut dari awal.

Intinya Reboot merupakan game baru pada suatu franchise dengan cerita yang sudah di reset dari awal. Biasanya banyak terdapat ubahan pada cerita versi Reboot jika dibanding dengan versi original. Beberapa ubahannya antara lain seperti, ubahan dari karakter, latar cerita, alur cerita, dll. Reboot bertujuan sebagai penyegar dalam suatu franchise, apabila franchise tersebut sudah dirasa terlalu membosankan oleh para penggemarnya.

Tomb Raider (2013), merupakan contoh game reboot yang sukses.

Game Reboot memang menuai banyak pujian sekaligus kontroversi. oleh karena itu, pembuatan game Reboot membutuhkan perencanaan dan pemikiran yang matang dari developer. Contoh Reboot yang sukses adalah Tomb Raider (2013) dan Doom (2016), kedua game tersebut sukses membangkitkan franchise game yang sudah tua dan nyaris mati.

Devil May Cry (DmC) merupakan contoh game reboot yang menuai kontroversi dikalangan fans.

Sementara Reboot yang menuai kontroversi, contohnya adalah Devil May Cry (DmC) buatan Ninja Theory dan Medal of Honor (2010). Kedua game tersebut dinilai gagal oleh para fans, karena dinilai mengecewakan dari segi karakter dan jalan cerita.

Contoh dari game reboot diantaranya adalah: Doom(2016), Tomb Raider (2013), Devil May Cry (DmC), Hitman (2016), Call of Duty Modern Warfare (2019), Medal of Honor (2010),Contra Re-Birth, Need For Speed (2015).


Selain 3 istilah diatas sebenarnya masih ada 2 istilah yang belum admin jelaskan pada post ini.

Selain 3 istilah diatas ada 2 istilah lagi, yakni Enhance Port dan Re-Imagining, namun tidak akan admin bahas pada kesempatan kali ini. Karena kedua istilah tersebut kurang umum digunakan dan contoh gamenya sedikit. Selain itu Enchance Port kurang lebih sama dengan Remastered, dan Re-Imagining kurang lebih sama dengan Reboot. Contoh game Enchance Port adalah Bayonetta (versi PC), sementara contoh untuk game Re-Imagining adalah Metroid Prime Series.

Jadi bagaimana ? Apakah kalian ada pertanyaan mengenai istilah-istilah diatas? Tulis saja di kolom komentar dibawah ya. Terima kasih telah membaca post kali ini, kurang lebihnya mohon maaf, kalau ada yang salah mohon koreksi aja di kolom komentar.

Ghost Sign-Out, Bye-bye…

Latest News

00:03:50

Deathloop – Two Birds One Stone – Official Gameplay Trailer 2 | PS5

Tentang Deathloop – Two Birds One Stone24 jam. 8 Target. 1 Pembunuh Rival

Rikei ga Koi Ochita Umumkan Season 2

Alifred Yamamoto selakukan penulis, mengumumkan di akun Twitter resminya bahwa adaptasi anime televisi dari manga Rikei ga Koi ni Ochita no de Shōmei...

King of Seas – Announcement Trailer – Nintendo Switch

King of Seas is an Action Role playing game set in a deadly procedurally generated pirate world. In a ferocious plot you will fight...

John Wick Hex – Announcement Trailer – Nintendo Switch

John Wick Hex will be available on the Nintendo Switch system on December 4, 2020. For more information and the latest updates, visit http://JohnWickHex.com.John...

Projek Baru Steins Diumumkan!

Diumumkan melalui siaran langsung di MAGES. GAME CHANNEL kemarin bahwa seri Steins akan berlanjut yang saat ini sedang di kerjakan. Chiyomaru Shikura...

Mario Kart Live: Home Circuit – Coming 10/16 – Nintendo Switch

The world of Mario Kart™ is racing into yours! Turn your home into a Mario Kart course of your own design with the Mario...

Berlangganan ke Blog via Email

More Articles Like This