Rekomendasi Anime Mecha Bagian 1

Related Articles

Welcome to our world


Regalia Anime Mecha
Source: Regalia: The Three Sacred Stars

Wahai pembaca sekalian, perkenankan diriku ini untuk memberikan sedikit pencerahan kepada pembaca sekalian mengenai topik artikel ini yaitu Rekomendasi Anime Mecha!

Pada pembahasan kali ini, saya akan membuat list anime yang dapat menjadi acuan pembaca sekalian mengenai perspektif unik bernama genre mecha.

Namun, sebelum kita menyelam lebih jauh ke dalam dasar abyss ini, diriku ingin bertanya kepada pembaca terhormat sekalian.

Ketika diriku menulis kata mecha, apa yang ada dibenak kalian?

Jika kita kumpulkan beberapa fuzzy logic yang ada di dalam benak pembaca, maka akan terkumpul nilai true berupa kata kunci:

Mesin, robot, pertarungan, laser beam, star wars, sci-fi, terbang, luar angkasa, dan lain sebagainya.

Apakah statement tersebut benar wahai pembaca sekalian?

Jika iya, maka asumsi umum yang anda pikirkan tidaklah salah. Namun, jika saya ajukan pertanyaan ini apakah pembaca dapat menjawabnya?

Simpel, pertanyaannya adalah apakah pembaca tahu definisi dari anime bergenre mecha?

Dari tiap benak pembaca, terdapat berbagai asumsi jawaban yang ada, tetapi akan lebih baik jika kita selaraskan pengertian tersebut bersama – sama.

Maka mari kita mulai dengan mengenai genre tersebut sebelum menyelam ke dalam rekomendasi anime mecha ini.


Apa itu anime mecha?

Heavy Object Anime Mecha
Source: Heavy Object

Mari kita mulai diskusi semi-ilmiah ini dengan mengenal istilah dua kata berikut: genre dan mecha.

Apa yang dirimu ketahui mengenai definisi genre? Ahahaha, tenang diriku akan senang membantu kebingungan pembaca sekalian.

Genre merupakan metode seseorang dalam melakukan kategorisasi terhadap suatu karakteristik yang mempunyai kemiripan yang sama (bluemovieboi, 2006).

Dalam makna sederhana, genre merupakan metode penamaan yang kita sepakati untuk mengkategorikan sebuah topik.

Lalu apa yang dimaksud mengenai mecha?

Sebelum dijawab, diriku ingin meluruskan bahwa terkadang banyak orang melakukan salah tafsir dengan kata mecha ini.

Saya tidak ingin ada bias diantara kita, sebagai catatan mecha adalah bahasa slang yang berasal dari Jepang. Kosakata aslinya diambil dalam bahasa inggris yaitu mech.

Namun, seiiring waktu sepertinya terdapat alternasi kata mech dan lebih dikenal istilah mecha. Hal ini dikarenakan definisi mech (original) lebih condong ke arah definisi slang dari mecha versi Jepang.

Maka dari pesan di atas, apakah kita sudah bisa menyimpulkan definisi mecha itu sendiri?

Mech adalah istilah untuk sebuah robot yang dikendalikan oleh suatu komando. Komando di sini berasal dari sistem atau pilot.

Lalu mecha adalah istilah untuk sebuah robot yang dikendalikan oleh suatu komando di dalam cerita fiksi.

Intinya? sama saja namun, dikarenakan Jepang sering menggunakan kata mecha dalam ceritanya maka kata mecha lebih identik dengan robot jepang ketimbang definisi originnya.

Kesimpulan?

Maka inilah kesimpulan dari apa itu Anime bergenre Mecha?

Anime bergenre mecha adalah salah satu bagian cerita dalam anime di mana dalam cerita tersebut, dilibatkan satu/kumpulan robot(or humanoid) sebagai alat dalam menggerakan kisahnya.

So you can expect that, mecha anime is anime that filled with robot?

Apakah statement di atas bernilai true atau false?

Ada dari beberapa penggiat anime mecha punya pemikiran yang berbeda.

Lihat Juga di ANP: Informasi Game di Zona Games.

Mereka ada yang beranggapan bahwa kata “robot” di sini tidaklah mutlak sebagai “mesin berukuran raksasa yang dikendalikan”.

Mereka berdalih bahwa seseorang yang menggunakan teknologi canggih layaknya robot namun masih berwujud manusia juga dikatakan sebagai mecha.

Mengapa diriku memberitahu hal tersebut? Diriku ingin pembaca punya pola berpikir netral dan dapat melakukan: choose what you believe in.

Maka, apakah definisi yang sesuai dengan para pembaca sekalian yang diriku hormati ini?

Ahahaha, baiklah mari kita mulai main dish artikel ini, rekomendasi anime mecha dimulai!


Artikel Lainnya

Comments

Artikel Populer

Illustration Imouto sae Ireba Ii. Volume 14 (FINAL)

Ilustrasi dibawah merupakan light novel Imouto sae Ireba Ii. Volume 14 seri terakhir.Sinopsis Imouto sae Ireba Ii. Vol.14...

Projek Baru Steins Diumumkan!

Diumumkan melalui siaran langsung di MAGES. GAME CHANNEL kemarin bahwa seri Steins akan berlanjut yang saat ini sedang di kerjakan. Chiyomaru Shikura...

Strike the Blood Season 4 Umumkan Jadwal Rilisnya

Baru - baru ini anime Strike the Blood umumkan jadwal rilis season ke-4 dalam bentuk seri OVA, volume pertama pada season 4...

Kelanjutan Ahiru no Sora Ditunda

Melalui halaman twitternya anime Ahiru no Sora mengambarkan penundaan animenya untuk episode selanjutnya. Episode 37 yang seharusnya tayang pada minggu depan pada...

Film Jepang Your Eyes Tell: Sinopsis, Trailer Dan Jadwal Rilis

Film きみの瞳(め)が問いかけている (Kimi no Me ga Toikakete Iru) / Your Eyes Tell merupakan remake dari film Korea Selatan berjudul Always yang dirilis...

Bagaimana YOASOBI “Yoru ni Kakeru” Menjadi Hit Populer di Jepang

https://www.youtube.com/watch?v=x8VYWazR5mEDi pertengahan tahun 2020, hit J-pop terbesar tahun ini di Jepang adalah cerita pendek tentang kematian....