Rekomendasi Anime Battle of Ships Bagian 2

Related Articles

Genre Anime Kapal Bagian kedua


Aoki Hagane no Arpeggio: Ars Nova Series

IJN Kongou -Cadenza Ver- - Genre Anime
IJN Kongou -Cadenza ver-
Source: Aoki Hagane no Arpeggio: Ars Nova Cadenza

Dalam dua rekomendasi sebelumnya, pembaca sudah disajikan mengenai tipe – tipe genre anime kapal yang berbeda.

Pertama ialah shipgirls yang saya asumsikan bahwa pembaca sudah memahami definisinya melalui penjelasan pada rekomendasi satu.

Kedua ialah manusia asli yang memang menjadi kapten kapal sungguhan serta membutuhkan crew sungguhan pula dalam mengoperasikannya.

Lalu pada rekomendasi tiga ini, kami akan membawakan model yang lain lagi. Kira – kira seperti apa ya?

Sebelum memulainya, saya ingin bertanya kepada pembaca. Apakah anda pernah mendengar anime berjudul Aoki Hagane no Arpeggio: Ars Nova ini?

Berdasarkan pengalaman saya, kebanyakan dari mereka mengetahui atau pernah melihat judul anime ini.

Namun, dari segelintir orang, hanya beberapa yang benar – benar menonton anime ini.

Bahkan, jika saya boleh berasumsi, kebanyakan dari mereka mungkin hanya menonton Aoki Hagane no Arpeggio: Ars Nova nya saja.

Something that you need to know…

Apakah pembaca tidak sadar bahwa judul rekomendasi ini mengandung unsur kata “series” dalam padanan katanya?

Itu dikarenakan serial anime mempunya 3 blok cerita. Lalu mengapa saya tuliskan 3 blok bukan 3 season yang berbeda?

Dikarenakan serial ini berformat 1 + 2 series, artinya satu anime version dan dua movie version. Dapat dikatakan bahwa terusan season pertamanya ialah movie, bukan seasonal anime.

Kembali lagi ke pertanyaan sebelumnya, mengapa hanya segelintir orang yang tahu mengenai anime ini?

Menurut kacamata saya, alasan ini dibagi atas dua hal berbeda pada satu root yang sama yaitu pada tahun rilisnya fall 2013.

Alasan pertama, pada tahun 2013 anime bergenre ini masih karam alias tidak terkenal sama sekali.

Jika pembaca berasal dari era tersebut dan sangat selektif memilih anime maka anda pun mungkin akan berpikir dua kali menontonnya.

Lalu yang paling kuat adalah alasan kedua yaitu kurang “publikasi” sehingga ia kalah “pamor” dengan anime pada musim yang sama.

Menurut myanimelist, anime fall 2013 meliputi Kill la Kill, Log Horizon, Kyoukai no Kanata, Golden time, Magi: The kingdom of magic, Strike the Blood, Infinite Stratos S2, Little Busters: refrain dan masih banyak lagi.

Dari list di atas saja kita sudah bisa mengambil suatu asumsi umum bahwa kekuatan saing pada musim tersebut begitu ketat.

Oleh karena itulah, jika memang kalian menjadi korban tidak tahu mengenai anime ini, saya harapkan setelah kalian membaca rekomendasi ini, anda akan tertarik mencobanya.

Resume Aoki Hagane no Arpeggio: Ars Nova series

I-401 Iona - Genre anime
I-401 Submarine Iona
Source: Aoki Hagane no Arpeggio: Ars Nova

Pertama, saya harus menceritakan alur yang anda ikuti untuk memahami cerita indah pada anime ini.

Baca Juga di ANP  Rekomendasi Anime Battle of Ships Bagian 1

Pertama, pembaca harus menonton serial Aoki Hagane no Arpeggio: Ars Nova sebanyak 12 episode.

Setelah menyaksikan episode 12, pembaca harus menonton Aoki Hagane no Arpeggio: Ars Nova DC yaitu movie pertama anime ini.

Movienya sendiri berisikan recap 12 episode yang telah anda tonton ditambah 40 menit ekstra kelanjutan dari episode 12 itu sendiri.

Nah, penonton pahamkan mengenai 3 blok yang saya maksud sekarang? Ya, season kedua yang saya maksud berada pada 40 menit ekstra pada movie tersebut.

Kemudian finale dari semuanya adalah Aoki Hagane no Arpeggio: Ars Nova Cadenza. Kenapa saya bilang finale? Semua kebingungan anda akan terjawab di akhir adventure ini.

Baca Juga di ANP  Rekomendasi Anime Shoujo Bagian 2

Baik saatnya kita beralih ke sesi berikutnya, bagaimana alur cerita dari anime ini?

Kisah cerita Aoki Hagane no Arpeggio: Ars Nova

IJN Takao - Genre anime
Source: Source: Aoki Hagane no Arpeggio: Ars Nova

Apakah reaksi pembaca melihat thumbnail di atas? xD pasti bingung kenapa ada senjata sekelas supergraviton di pasang ke sebuah kapal.

Baiklah, kisah anime ini dimulai sekitar tahun 2039 di mana seluruh manusia hampir mendekati kepunahan.

Konsepnya seperti ini, bumi yang ditinggali umat manusia sudah dalam fase yang berbahaya. Laut es telah meleleh, Climate Change Massive Effect menyerebak, dan lain sebagainya.

Namun, penderitan mereka justru ditambah melalui sebuah serangan dari arah laut.

Datang armada kapal laut yang tidak dikenal dan dengan cepat menghabisi dan menguasai seluruh lautan manusia.

Manusia yang berada di belahan bumi manapun telah ditaklutkan sempurna oleh armada ini. Tidak ada manusiapun yang dapat menandinginya.

Sekarang mari kita berpikir, mengapa demikian? Cluenya ada pada thumbnail di atas. Ya!, semua armda misterius itu memiliki teknologi yang luar biasa canggih.

Bahkan saya berasumsi bahwa sebenarnya mereka bukan kapal laut, melainkan jajaran armada spaceship yang berlayar di air xD.

Teknologi yang mereka miliki seperti klein field yaitu barrier pelindung yang sangat kuat. Bahkan rudal kapal pun tidak bisa menembusnya.

Coba bayangkan, melawan seluruh armada kapal di mana senjata apapun bahkan tidak bisa menembus pelindung dari kroco nya sekalipun. Outcome? Ship go boom!

Oh iya, saya lupa menyebutkan nama dari armada “alien” ini. Nama jepangnya ialah 霧の艦隊 (Kiri no Kantai). Diambil dari pecahan kanjinya 霧 berarti kabut dan 艦隊 yang berarti armada.

Jika kalian menerjemahkannya secara literal, maka tidak salah jika kita memanggil mereka dengan nama armada kabut.

Jika kita asumsikan dalam bahasa inggris maka mereka dipanggil the Fleet of Fog atau the Fleet of Mist.

Mengapa mereka dipanggil armada kabut? Ahahaha tonton episode pertamanya hingga habis ya xD

Artikel Lainnya

Comments

Artikel Populer

Strike the Blood Season 4 Umumkan Jadwal Rilisnya

Baru - baru ini anime Strike the Blood umumkan jadwal rilis season ke-4 dalam bentuk seri OVA, volume pertama pada season 4...

Fary Way Segera Hadir di PC dan Mobile

Penerbit X.D. Nerwork dan pengembang HongCha Games telah mengumumkan tentang game terbarunya. Far Away, visual novel misteri yang menampilkan alur cerita bercabang...

Oceanhorn 2: Knights of the Lost Realm Hadir Akhir Bulan Ini

Pengembang Cornfox & Bros mengumumkan jadwal rilis versi Switch dari Oceanhorn 2: Knights of the Lost Realm. Ini akan diluncurkan melalui Nintendo...

Bagaimana YOASOBI “Yoru ni Kakeru” Menjadi Hit Populer di Jepang

https://www.youtube.com/watch?v=x8VYWazR5mEDi pertengahan tahun 2020, hit J-pop terbesar tahun ini di Jepang adalah cerita pendek tentang kematian....

Kelanjutan Ahiru no Sora Ditunda

Melalui halaman twitternya anime Ahiru no Sora mengambarkan penundaan animenya untuk episode selanjutnya. Episode 37 yang seharusnya tayang pada minggu depan pada...

Illustration Imouto sae Ireba Ii. Volume 14 (FINAL)

Ilustrasi dibawah merupakan light novel Imouto sae Ireba Ii. Volume 14 seri terakhir.Sinopsis Imouto sae Ireba Ii. Vol.14...

Urutan Cerita Seri NieR, Sequel, Prequel dan Spin-offnya

Kalian tahu pasti tentang game NieR:Automata bahkan kamu sudah memainkannya atau mungkin kamu ingin membelinya. Sebelum membeli atau kamu yang sudah memainkannya...