Ponimu adalah sebuah situs web yang menyediakan layanan streaming video on demand anime di Indonesia. Ponimu didirikan pada 30 Juli tahun 2018, dan merupakan situs web perdana yang menayangkan anime secara legal di Indonesia.

Dilansir dari Official Account Facebooknya, bahwa situs streaming anime Ponimu akan ditutup pada 6 Januari 2020 mendatang.

Pihak Ponimu sendiri tidak memberikan alasan yang jelas kenapa mereka pamit dari layanan streaming di Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri peminat Anime di Indonesia sebagian besar masih lebih tertarik kepada fansub atau fanbase yang notabennya “pirate”, dibanding layanan streaming legal seperti Ponimu.

Disampaikan bahwa bagi user yang masih memiliki hari berbayar, harap segera menghubungi pihak ponimu untuk melakukan refund atas sisa harinya.

Kilas balik Ponimu

Ponimu didirikan pada tahun 2018, tetapi ide untuk mendirikannya sudah muncul sejak setahun sebelumnya. Pendiri Ponimu—Marco Armando, pernah tinggal dan terlibat dalam industri animasi di Jepang. Marco menyebut bahwa potensi pasar anime di Indonesia sangat besar, tetapi belum ada tempat yang sesuai untuk mewadahinya. Fenomena ini menjadi ide dalam proses didirikannya Ponimu. Pada bulan Maret 2018, pihak Ponimu berkunjung ke Jepang dan melakukan pertemuan dengan lisensor seperti Hakuhodo DY Music & Pictures dan Fuji Creative Corporation dan sejumlah pemilik lisensi dan studio ternama seperti Production ReedTV Tokyo, beserta Aniplex.


Pada awal bulan Oktober, Ponimu mengumumkan bahwa mereka berhasil menjalin kerja sama dengan lisensor untuk menayangkan seri Ms. Vampire who lives in my neighborhood secara simulcast mulai tanggal 5 Oktober, menjadikan seri ini sebagai anime pertama yang ditayangkan secara simulcast oleh Ponimu. Sehari berikutnya, Ponimu mengumumkan bahwa mereka akan menayangkan seri Merc Storia secara simulcast pada tanggal 11 Oktober.

Terima kasih kepada Ponimu telah mengembakangkan layanan Streaming Anime Legal di Indonesia selama 16 bulan ini. Berharap kedepannya penayangan anime legal di Indonesia akan semakin berkembang.

Leave a Reply

Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Komentar!

  Subscribe  
Notify of