Nagi no Asukara

Halo para pembaca ANP sekalian. Kembali pada sesi review saya di sini dan kali ini saya ingin membuat review Anime “Nagi no Asu kara”. Anime ini mimin tonton Marathon dikala Mimin dalam kesibukan sehari-hari.

Mari kita bahas.

Sinopsis: Sejak dahulu, manusia tinggal di dasar laut. Meskipun begitu, beberapa manusia ingin hidup di permukaan dan pindah ke daratan sehingga membuat perpecahan antara kedua belah pihak. Setelah sekolah mereka ditutup, empat siswa SMP yang berasal dari sebuah desa laut bernama Shioshishio pindah. Mereka pindah ke SMP Mihama di permukaan. Berikut ini adalah perjuangan mereka dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan hubungan antara orang-orang laut dan daratan. Serta tentang perasaan mereka yang mulai tumbuh seiring berakhirnya masa kanak-kanak.

Nagi no Asukara

Anime ini bisa dibilang tergolong anime Lama karena anime ini di rilis pada Tahun 2013. Namun Anime yang di Serialisasikan Oleh studio P.A. Works yang total Episode-nya ada 26 dengan pembagian 2 Cour ini mendapat banyak Respon Positif dari banyaknya kalangan penonton. Terutama Penikmat romance dan drama, Bagaimanakah Animenya ? Mari Kita Review

Story Plot & Character Development

Karena begitu rumitnya pembahasan Cerita dalam anime ini. Maka saya akan memberi sedikit pembahasan tentang 2 Cour dalam anime ini dan bagaimana jalan ceritanya. Tidak lupa saya akan membahas Seperti apa Pola kisah drama dalam anime ini. Jujur, pada awalnya sih menurut saya nih anime kayanya bakalan cuma sekedar romance pada umumnya. Kisah cinta normal dimana akan ada drama di dalamnya yang sekedar memperumit hubungan. Ya bisa di bilang awalnya saya mengira akan membentuk Cinta berbentuk garis lurus yang saling bertepuk sebelah tangan pada akhirnya. Atau mungkin hanya sekedar cinta segitiga biasa.

Nagi no Asukara

“Cour 1”

Anime ini diluar dari ekspektasi yang saya pikirkan sebelumnya. Kisah cinta dalam anime ini tergolong agak membingungkan dan cukup rumit. Bagi yang tidak suka drama mereka akan tergolong tidak menyukainya karena saking sulitnya kisah cinta mereka. Dimulai dari Manaka yang terlihat menyukai Tsumugu. Kemudian Kita diperlihatkan Hikari yang tidak lama setelah itu sadar bahwa dia menyukai Manaka. Lalu kita di perlihatkan lagi di episode awal-awal dimana Chisaki menyukai Hikari. Lalu sebagai tambahan dekat pengakhiran Cour 1 Kita diperlihatkan bahwa Kaname menyukai Chisaki. Tapi Tsumugu sendiri bagaimana ?

Ya memang dari awal sih keliatannya dia memiliki ketertarikan dengan Manaka. Tapi secara tidak langsung kita bisa menduga sebenarnya dia hanya tertarik sama ikannya Manaka. Ikan yg ada karena da di kutuk oleh Uroko. Ditambah kecintaan Tsumugu dengan laut yang membuat dia terlihat menyukai Manaka. Jadi, kebanyakan fans berfikir bahwa Tsumugu akan dengan Manaka pada awalnya dikarenakan Kondisinya Lumayan mendukung untuk sekedar di perkirakan.

Nagi no Asukara

Kerumitan dari kisah cinta di awal Cour ini tergolong membentuk Pola Segilima. Kita sendiri tidak tau dengan pasti awalnya siapakah yang di sukai oleh Tsumugu karena dia ujung dari kisah percintaan ini. Lalu di saat bersamaan akan ada penambahan karakter di dalam kisah cinta ini, Siapakah mereka ? Mari kita simak pembahasan Cour ke 2 ini dengan singkat.

“Cour 2”

Lalu kini kita masuk ke pembahasan Cour ke 2 dari anime ini. Dalam Cour ini kita kedatangan 2 karakter baru lagi yaitu Sayu & Miuna yang akan berperan penting dalam Cour ini. Awalnya Miuna Kagum pada Hikari karena dia adalah panutannya untuk berani menghadapi masalah. Namun seiring berjalannya waktu perasaan kagum itu seketika berubah menjadi perasaan suka. Di arc kedua diperlihatkan kalau Sayu yang suka sama Kaname sejak lama karena Terpesona dengan dirinya Di Cour 1.

Dan Dalam Cour ini kita juga Akhirnya Diperlihatkan siapakah gadis yang Tsumugu sukai. Dan pada akhirnya Kisah cinta dalam anime ini Membentuk Pola Segi tujuh dengan Sebuah Garis besar yang melintang di tengahnya. Namun dikarenakan Anime ini terkenal dengan Kerumitan Kisah cintanya dari setiap tokoh penting dalam anime tersebut. Maka di Indonesia banyak yang menyebutnya “Anime Cinta Segi Delapan”. Padahal rumitnya kisah cinta dalam anime ini hanya di mainkan oleh 7 Orang.

Story dalam anime ini Tergolong Unpredictable atau bisa di bilang tidak bisa di prediksi dengan mudah. Normalnya Hanya butuh sekitar 5 menit untuk kita mengetahui siapa akan berpasangan dengan siapa dalam sebuah anime Romance. Sayang-nya untuk kali ini Tidak semudah itu. Dalam anime ini juga tidak jauh dari perkelahian fisik antar sesama teman. Walau tergolong jarang tetapi itu adalah salah satu poin untuk membuat tiap karakter saling menyadari perbuatan mereka.

“Character Dev.”

Kalau dari karakter-nya sendiri masing-masing memiliki Pola pikir yang kadang kita tidak bisa Tebak. Lalu Development karakter Hikari dalam anime ini sendiri walau memiliki sorotan yang lumayan lama. Namun tidak sejauh kita bisa memanggilnya seperti Ketua atau Utama dalam arti. Karena Semua karakter dalam Kisah cinta Anime ini sangatlah adil bahkan dari awal sampai akhir kita menonton. Kita juga bisa melihat bahwa kita memiliki banyak pengelihatan dari setiap sudut pandang karakter penting dalam Anime ini.

Lalu kalau soal drama dari setiap karakter di sini tergolong “Well Played” banget. Istilahnya kalian akan merasa semua karakter dalam Kisah drama cinta ini satupun tidak akan ada yang tidak penting. Tiap dari mereka memiliki detail personalitas dan dalamnya peranan mereka di sini.

Walau dalam segi Fantasi anime ini tidak begitu mencolok dalam Arti bukan main Focus dalam anime ini. Namun Peranan itu penting Terutama untuk Cour 2 yang menjelaskan Betapa besarnya kondisi yang mereka hadapi di sana. Terlebih semua itu akan membantu mereka di akhir cerita.

Grafis

Kalau dari Grafik sendiri tidak perlu di ragukan lagi ya, P.A. Works selalu menampilkan Animasi yang Spektakuler. Semuanya termasuk Laut di sana sendiri sangatlah Hebat. Bahkan ikan dan beberapa mahluk hidup dalam air di anime ini digambarkan sangatlah detail dan Rapih.

Saya-pun tidak bisa berkata-kata banyak karena visualisasi dalam anime ini tergolong tingkat Tinggi.

Sound

dari segi suara, Opening dari anime ini “lull ~soshite bokura wa~” sangatlah menyentuh dan nyaman untuk di dengar. Begitu juga dengan Opening keduanya “ebb and flow” yang keduanya dinyanyikan oleh “Ray” sangatlah Halus dan Singkron dengan Opening tersebut. Meskipun begitu feel yang anda dapat rasakan ketika mendengarkan lagu ini sangatlah berbeda dari tiap Cour.

Jika Opening Cour 1 memberi penyajian yang berkesan kita bebas. Berbeda dengan Opening Cour 2 yang memiliki nada Melow yang membawakan Theme yang tergolong agak sedih. Dengan alunan musik seperti ini para penonton pasti akan merasa seperti terbawa arus saat mendengarkannya.

Dan di tengah Cour 2 tepatnya pada Episode 21 adanya pergantian kecil Visualisasi Opening. Ini terjadi karena mereka ingin menyesuaikan opening dengan jalannya cerita yang sedang terjadi. Dengan penyesuaian tersebut, kini Opening disajikan jadi lebih baik.

Nagi no Asukara

Lalu lagu Ending dari kedua Cour yang di nyanyikan oleh “Nagi Yanagi”. Judulnya adalah “Aqua Terraterium” di Cour pertama dan “Mitsuba no Musubime” di Cour kedua. Dari masing-masing Ending song ini memiliki Feel yang berbeda.

Jika “Aqua Terraterium” memberi kesan bebas berada dalam sesuatu, berbeda dengan “Mitsuba no Musubime”. Jika di katakan bisa di bilang lagu ini juga memberi kesan bebas, namun bebas di luar sesuatu. Namun kedua lagu ini juga memiliki persamaan yaitu kesan yang santai di tinggalinya.

Jika tadi Opening yang saya bahas tadi memiliki Alunan musik lebih kearah Lembut dan halus. Begitu pula Di episode akhir lagu-nya pun di sini berbeda yaitu “lull ~Earth Color of the calm~”. Jika kalian Mendengarkan lagu ini dengan baik, Kita bisa tau bahwa penyanyi yang satu ini adalah “Ray”.

Berbeda dari Kedua lagu ending di atas. Perasaan yang di dapat dari lagu ini adalah Perasaan Lega atau juga perasaan Puas. Aspek puas disini adalah karena telah menikmati sebuah kisah yang luar biasa, kali ini P.A. Works memang cukup baik dalam mengeksekusi Ending pada akhir episode di anime ini.

Enjoyment

Ya Nagi no Asu kara ini adalah anime dengan kisah drama yang tergolong berbeda dengan drama pada umumnya. Dengan cara mereka meng-eksekusi tiap penyelesaian masalah tergolong cukup baik sehingga para penonton-pun pasti tidak akan kecewa.

Dan di dalam anime ini juga bisa kita mengambil beberapa segi positif yang ada. Seperti “Janganlah lari dari masalah, tapi hadapilah masalah.” atau juga ” Jujurlah terhadap perasaanmu sendiri”. Jika di perhatikan dengan baik banyak segi positif yang tertanam dalam anime ini terlepas dari drama-nya yang tergolong Mononjol.

Keseluruhan

Jadi ya Overall anime ini tergolong Sangatlah Bagus terutama untuk kalangan pecinta Romance. Selain banyak segi positif yang kita bisa Ambil, Visualisasinya juga tergolong sangat baik dan Sound-nya sangat nyaman untuk di dengar… Kalau di bilang Worth sih tergolong Worth ya. Meskipun ini anime tahun 2013 karena penyajian Story-nya sendiri tergolong sangat Balance dari tiap karakter utama dalam anime ini.

Nagi no Asukara

Sekian review dari Saya kali ini Jika ada salah kata dalam pengetikan, mohon dimaafkan. Karena mimin masih baru di sini dan ini hasil menulis review pertama saya. Maaf jika saya terlalu berkesan Menekan di beberapa bagian review ini. Karena saya Melihat dan memberi pendapat dengan melihat segala sisi sudut pandang yang saya bisa perkirakan.

Sekian dan Terima kasih.

Leave a Reply

Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Komentar!

  Subscribe  
Notify of