Edisi Pertama: Yangire


Halo semuanya! kembali lagi dengan saya (hayoo siapa xD) yang kebetulan lagi on fire untuk nulis artikel lagi, Ahahaha…

Dalam pembahasan kali ini, penulis akan mencoba untuk mengulik seputar watak atau sifat – sifat yang sering didengar oleh khalayak umum pecinta kultur jepang.

Sifat ini sering dijadikan sebagai “maskot” karakter atau istilah inggrisnya adalah Character’s Trade Mark. Hal ini ditujukan agar penonton dapat “menjustifikasi” kebiasaan atau pembawaan seperti apa karakter yang ia perankan.

Istilah inilah yang kita sering sebut sebagai dere. Oh iya seperti biasa, sebelum kita nyemplung ke masalah ini saya ingin bertanya, boleh?

Pembaca tau nggak apa sih itu dere? Ini penting lhoo karena banyak orang salah menafsirkan arti dari dere itu sendiri.

What is dere?

Menurut kamus oxford, de re ( /ˌdā ˈrā/ ) merupakan suatu “properti” yang berhubungan dengan sifat – sifat penegasan atau ekspresi, namun bukan bermakna ekspresi itu sendiri.

De Re
Source: Oxford

Namun seperti tag nya, kasus ini berhubungan dengan aspek filosifis. Oleh karena itu, mari kita persempit ke arah yang lebih “jepang”.

Menurut user wattpad bernama Coconutting, japanese dere mempunyai arti bahwa sebuah tokoh, baik lelaki atau wanita, anime, manga, atau video games yang mengikuti sebuah pola mood tertentu.

Dere itu sendiri berasal dari singkata deredere ( デレデレ ) yang mempunyai arti lovestruck.

Nah, di sinilah akar makna dari dere itu. Artinya dere di sini mencerminkan sebuah kesukaan akan sesuatu.

Maka disimpulkan bahwa setiap sifat jepang yang menggunakan akar makna dere mempunyai makna bahwa sang tokoh tersebut menyukai suatu hal akibat sebuah sebab yang ditimbulkan / triggered.

Dari sinilah lahir makna seperti tsundere, yandere, kuudere, himedere, oujidere, yangire, dan banyak sekali turunan lainnya.

Dalam Pembahasan inilah saya akan membahas satu sifat yang saya rasa diketahui umum namun tidak disadari selama ini.

Oleh karena itu untuk edisi kali ini, penulis akan mengerucutkan artikel ini untuk menggali sifat yangire.


Mengenal Yangire

Setelah kita membahas panjang lebar mengenai dere, sekarang mari kita beralih menuju salah satu derivative dari sifat tersebut. The Question, what is actually yangire?

Menurut fandom wiki, yangire (atau secara referensial berarti cute and psycho) adalah suatu sifat di mana seseorang yang normal tiba – tiba dapat berubah drastis menjadi kasar dan mengerikan. Biasanya ini dilatar belakangi oleh masa lalu yang kelam.

Menurut urban dictionary, yangire merupakan gabungan dari kata yanderu (病んでる) berarti to be sick alias sesuatu keadaan yang kita bisa intepretasikan sebagai “sick” dan kire/gire (切れ) berarti to cut, slice, or “to snap”.

Yandere vs Yangire?

Princess Renner Yandere
Source: Overlord Season III

Mungkin dari pembaca akan ada yang bingung dalam membedakan istilah yangire dengan yandere.

Maka jawabnya sangatlah sederhana, penasaran?

Saya belum ingin mendalami definisi yandere di artikel ini namun secara singkat bisa dikatakan bahwa yandere dan yangire mempunyai definisi yang serupa namun mempunyai pelatuk yang berbeda.

Yandere akan melakukan hal gila bila seseorang mengganggu “cinta” yang ia jaga dan ia bela. more like obsessive in a bad way.

Sedangkan yangire lebih ekstrim lagi, ia tidak butuh pelatuk yang jelas. Yangire bersifat kasar karena ia menyukainya. simply as that

Sifat yangire merupakan sifat yang free will or free acts artinya ia tidak membutuhkan kiat atau niat khusus ketika menjadi mode “gila”. Inilah yang kita sebut sebagai pure psychopath


Tipikel Sifat Yangire dalam Anime, Manga, dan Video games Jepang

Yangire Goro Akechi
Source: Persona 5 The Animation

Jika kita lihat dari definisi yangire dari sesi sebelumnya, pasti pembaca sudah punya gambaran mengenai beberapa karakter yang mempunyai potensi sebagai yangire.

Sebutlah salah satu karakter tersebut adalah Akechi Goro. Sosok yang baik ini mempunyai maksud terselubung dalam hatinya. Hal ini dikaitkan mengenai masa lalunya yang membuat sosoknya seperti itu.

Namun apakah ada suatu hal yang janggal? Sosok Akechi yang dikenal ini bergerak atas dasar keadilan dan rasa dendam, sedangkan seorang yangire tidak perlu motif khusus untuk melakukan hal gila.

Maka bisa saya katakan bahwa banyak karakter yang menyerupai yangire namun sangat sedikit karakter yang benar – benar pure yangire.

Oleh karena itu, mari kita bahas mengenai sifat – sifat dasar dari seorang yangire

Sifat yangire adalah….

Accelerator Yangire ?
Source: Toaru series

Seorang yangire murni mempunyai pemikiran diluar nalar. Bisa dikatakan sebenarnya ia merupakan seorang jenius.

Seorang yangire dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Ia dapat terseyum lebar, baik dan berhati tulus, bahkan menjadi waifu panutan.

Selain itu, ia pandai bermain watak sehingga mudah bergaul dengan tokoh lainnya.

Namun, sebenarnya itu dilakukan agar dapat “mengendalikan” mereka dan dapat melakukan apa yang ia inginkan.

Nashetania Loei Piena Augustra Yangire
Source: Rokka no Yuusha

Sebut saja tokoh yang ada di thumbnail di atas, Nashetania Loei Piena Augustra. *spoiler alert* ia dikenal sebagai waifu panutan. Ia dikenal sebagai orang yang cerdas dan dapat bergaul dengan sesama

Ia bahkan mempunyai seorang yang menjadi pengawalnya yang bahkan tidak tahu sifat asli dari gadis ini.

Di pertengahan cerita, ia mampu untuk mengatur situasi untuk dapat membuat sebuah scapegoat di antara para pahlawan.

Lalu yang paling penting, ia melakukan semua ini hanya untuk unsur kesenangan.

Saya mengambil Nashetania Loei Piena Augustra sebagai contoh karena ia salah satu tokoh yang hampir 100% mendekati makna pure yangire.

Dari kisah hidupnya ini, kita bisa melihat betapa mengerikannya seorang yangire. Dia bisa di mana saja dan bermuka apa saja, namun sangat kejam ketika menampakkan sisi aslinya.

Apakah yangire bisa dicegah?

Shiota Nagisa Yangire
Source: Assasination Classroom

Lelaki ini bernama Shiota Nagisa. Jika kalian pernah mengetahui plotnya, seharus pembaca mengetahui tentang dirinya.

Ia mempunyai bakat alamiah untuk membunuh. Masa lalunya dipenuhi amarah ibunya yang selalu menuntut dirinya menjadi “yang ibunya idamkan”.

Sifat membunuhnya didukung oleh latihan yang diberikan di sekolahnya untuk menghabisi koro-sensei.

Jika kita lihat kriterianya, sebenarnya sudah terpenuhi yaitu mempunyai trauma dalam terhadap masa lalu dan mempunyai nafsu membunuh yang kuat.

Ia pun bukan orang bodoh. Nagisa dapat dengan tenang berpikir ketika dihadapkan di dalam situasi yang menegangkan.

Tetapi, lihatlah sifatnya. Karena faktor lingkungan dan didikan moral yang baik. Akhirnya ia justru menjadi murid yang luar biasa.

Kita bisa asumsikan bahwa Nagisa sebenarnya yangire yang tertidur atau silent yangire. Akibat dirinya yang selalu diberi pendekatan yang baik oleh koro-sensei, ia pun menjadi pribadi yang baik.

Jika tidak? mungkin ia bisa menjadi pembunuh paling dingin yang pernah ada, entahlah…

Are Yangire girls waifuable? (or boys via versa)

If i can speak, seorang yangire murni sangatlah waifuable, bahkan hampir terlalu sempurna.

Ia seorang yang jenius, bisa mengendalikan situasi, mengerti perasaan lawan bicaranya. Bahkan, bisa jadi dia seorang yang sangat cantik/tanpa yang sangat mudah memainkan ekspresi mereka.

So basically, seorang yangire mempunyai semua aspek untuk sisi waifuable, tetapi tentu untuk mendapatkannya kau butuh sedikit kerja keras.

Kau harus lebih pintar darinya, kau juga harus tahu bagaimana melihat ekspresinya, apakah ia sedang berpura- pura atau jujur?

Intinya, jika kau mendapatkannya, selamat anda salah satu dari sekian banyak orang yang beruntung namun berimplikasi terhadap sikap yang kamu harus terapkan harus flexible selama engkau hidup.

Jika tidak, your life = Danger xD


Penutup

Tokisaki Kurumi Mayadere
Source: Date A Live

Mungkin inilah akhir dari edisi pertama. Waait!! jangan takut, tentu ada edisi – edisi berikutnya. Kita masih belum membahas dere yang lain bukan? Ahahaha…

Sebagai penutup, saya ingin bermain game dengan pembaca, Ingin ikut? Begini gamenya

Kalian mengetahui tokoh thumbnail di atas? Wanita ini bernama Tokisaki Kurumi dari anime Date A Live.

Pertanyaannya, Apakah Kurumi seorang Yangire? Yandere? atau Mayadere?

Sertakan jawabannya di komen post LINE atau di artikel ini beserta alasannya. Jika menarik, kalian boleh minta dari saya, satu request bahasan dere yang kalian suka.

Menarik bukan? iseng aja juga nggak papa xD

Anyway, sampe jumpa di bahasan dere berikutnya!!!

Note: Jika ingin membaca ulasan menarik, silahkan klik di sini!

Leave a Reply

Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Komentar!

  Subscribe  
Notify of