- Advertisement -

Halo para pembaca ANP sekalian, kali ini Admin Kino ingin memberikan ulasan mengenai Anime Monogatari Series. Ulasan ini berupa urutan cerita Anime tersebut dan sedikit pembahasan setiap judulnya

Sebelum masuk, mari kita kenalan dulu dengan serial ini. Anime Monogatari Series merupakan adaptasi Light Novel karya Nishio Isin yang saat ini sudah mencapai setidaknya 20 Light Novel yang sudah terbit. Menceritakan Araragi Koyomi seorang siswa SMA kelas 3 yang selamat dari serangan vampir dan menolong beberapa gadis dengan keganjilannya masing-masing. (Genre : Supernatural, Misteri). Anime ini sendiri lebih kebanyakan berbicaranya dibandingkan gerekan mereka. Hal ini sebenarnya merupakan ciri khas sang kreator dalam memasukkan permainan kata untuk percakapan antar karakter dan untuk mengembangkan cerita. Kadang ada pula komedinya tapi agak susah ditangkap.

Anime Monogatari Series merupakan adaptasi Light Novel yang jumlahnya sekitar 20-an dan Studio Shaft merilis Anime ini tidak sesuai dengan urutan cerita. Kebanyakan Adders banyak bertanya, “Urutan Monogatari Series itu gimana sih?”

Ada 2 Pendapat yang berbeda mengenai urutan Monogatari Series ini. Ada yang memilih sesuai urutannya saja dan ada yang memilih mengikuti jadwal tayang.

Jadwal TayangSesuai Urutan
1. Bakemonogatari1. Kizumonogatari
2. Nisemonogatari2. Nekomonogatari : Kuro
3. Nekomonogatari : Kuro3. Bakemonogatari
4. Monogatari Series 2nd Season4. Nisemonogatari
5. Hanamonogatari5. Monogatari Series 2nd Season
6. Tsukimonogatari6. Tsukimonogatari
7. Owarimonogatari7. Owarimonogatari
8. Koyomimonogatari8. Koyomimonogatari
9. Kizumonogatari9. Owarimonogatari 2nd Season
10. Owarimonogatari 2nd Season10. Hanamonogatari
11. Zoku Owarimonogatari11. Zoku Owarimonogatari

Saya sendiri memilih sesuai jadwal tayang karena biar lebih berasa kesan misterinya. Dan juga, kenapa tidak dari awal aja Monogatari Series ini dibuat sesuai urutan? Dilansir dari beberapa web, Nishio Isin juga merilis novelnya dengan cerita yang tidak berurut, makanya pihak Studio Shaft pun mengambil inisiatif seperti sang kreator (Note: Ini hanya pendapat saya ya). Rasanya seperti menyusun puzzle sampai semuanya tersusun ditempatnya (Pendapat, admin Ouzen) jikalau menonton seri ini mengikuti jadwal tayang. Mari mulai bahas urutan melalui jadwal tayang :

DALAM ARTIKEL INI BISA DIBILANG TERDAPAT SPOILER SINGKAT, SEBELUM LANJUT MEMBACA ARTIKEL INI HARAP DIKONDISIKAN RESIKONYA.

Bakemonogatari

Bakemonogatari tayang pada tahun 2009 dengan jumlah 15 episode. Terbagi menjadi 5 Arc yang masing-masing memperkenalkan beberapa heroine dalam serial Monogatari ini. Arc tersebut antara lain:

Hitagi Crab

Menceritakan bagaimana pertemuan Araragi Koyomi dengan Senjougahara Hitagi untuk menangani masalah keganjilan Hitagi mengenai kepiting besar. Disinilah cerita pertemanan awal Senjougahara Hitagi dan Araragi Koyomi dimulai. (2 Episode)

Hitagi Crab

Mayoi Snail

Menceritakan pertemuan Araragi Koyomi dengan Hachikuji Mayoi yang memiliki masalah dengan arah. Disini kalian akan mengetahui keganjilan apa yang dialami Hachikuji Mayoi yang berupa siput dan bagaimana perkembangan hubungan antara Araragi Koyomi dengan Senjougahara Hitagi (Kita bakal tahu siapa yang nembak duluan di Arc ini :v). (3 Episode)

Hachikuji Mayoi

Suruga Monkey

Menceritakan hubungan antara Araragi Koyomi dengan Kanbaru Suruga, junior di sekolahnya. Ia merupakan atlet basket dan kenalan lama Senjougahara Hitagi. Disini kita akan mengetahui keganjilan yang dialami oleh Kanbaru Suruga yaitu berupa keganjilan berupa monyet dan sedikit action dari Anime Monogatari Series ini. Adegannya sedikit sadis. Disini juga kita melihat awal kisah cinta antara Araragi Koyomi dengan Senjougahara Hitagi. (3 Episode)

Kanbaru Suruga

Nadeko Snake

Menceritakan pertemuan Araragi Koyomi dengan Sengoku Nadeko, yang sudah tidak berjumpa sekitar 6 tahun. Sengoku Nadeko meminta bantuan kepada Araragi Koyomi untuk membebaskan dia dari keganjilan yang menggrogoti tubuhnya yaitu berupa ular. Disini Araragi Koyomi meminta bantuan Kanbaru Suruga untuk menyelesaikan masalahnya. (2 Episode)

Sengoku Nadeko

Mungkin di Arc ini yang paling dikenang Openingnya yaitu “Renai Circulation” yang dinyanyikan Kana Hanazawa

Tsubasa Cat

Berfokus pada Araragi Koyomi dengan Hanekawa Tsubasa. Hanekawa Tsubasa mengalami suatu keganjilan pada Golden Week tahun lalu dan itu berhasil dikekang. Tetapi, keganjilan itu muncul kembali pada Golden Week yang sekarang ini. Bentuk keganjilan tersebut adalah kucing. Araragi Koyomi berinisiatif membantu sang ketua kelas untuk mengatasi keganjilan tersebut. (5 Episode)

Black Hanekawa & Hanekawa

Disini diselipkan satu episode mengenai kelanjutan hubungan Araragi Koyomi dengan Senjougahara Hitagi yaitu kencan perdana mereka. Episode ini bisa dikatakan paling romantis di seri Bakemonogatari ini. Disamping hal itu, seri Arc ini akan memiliki hubungan salah satu seri Monogatari Series lainnya. Akan ada sedikit bumbu Action disini dan terkesan epic walaupun cuman sebentar

Intinya, dalam seri Bakemonogatari dikenalkan para heroine yang akan mengisi cerita dalam Monogatari Series ini. Disajikan berbagai sifat dan sudut pandang setiap karakter sehingga para pembaca ANP sekalian bisa menilai keberadaan mereka nanti. Mungkin kita lanjutkan…

Black Hanekawa

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan