Selasa, Mei 18, 2021
- Iklan -
BerandaReviewAnime Review: Mengidentifikasi Definisi “Kebahagiaan” dalam Anime Caligula

Anime Review: Mengidentifikasi Definisi “Kebahagiaan” dalam Anime Caligula

- iklan -

Warning:

*Review ini mengandung Spoiler, dimohon untuk menanggung akibatnya sendiri jika memang belum menonton acara ini


Halo pembaca ANP sekalian! Dalam ulasan kali ini saya akan membahas suatu sifat yang dimiliki oleh kita semua, yaitu tentang kebahagiaan. Mengenai konsep tersebut, apakah kalian tahu apa definisi dari kebahagiaan? Pasti dari pembaca sekalian akan mempunyai jawaban yang berbeda. Itu merupakan hal yang wajar karena setiap orang mempunyai sudut pandang masing – masing, bukan kah seperti itu? Ahahaha.

- iklan -

 Lalu mengapa saya memilih anime ini sebagai kajian yang saya ulas? Karena ketika saya menonton anime ini, saya menemukan berbagai macam perspektif manusia dan berbagai macam jenis kebahagiaan dari setiap individu/karakter dalam anime tersebut. Ketika saya melihatnya, saya seperti melihat diri saya atau bahkan dapat merasakan apa yang mereka ingin sampaikan mengenai konsep kebahagiaan itu sendiri.

 Baiklah, dari pada berbelit – belit marilah kita baca ulasan berikut ini! Yay!

Note: beberapa nama karakter saya gunakan inisial untuk mencegah terjadinya spoiler berat.


What is Happiness?

10.jpg

Source: Caligula Episode 1

 Dalam anime ini, berbagai macam karakter mengutarakan apa itu kebahagiaan menurut sudut pandang mereka masing – masing. Seperti salah satunya adalah SR sang tokoh utama. Ia mengutarakan ketika di awal episode pertama bahwa setiap orang mempunyai definisi kebahagiaan tergantung dari apa yang membuatnya bahagia. Bisa jadi apakah ketika kalian bermain bersama teman sekawan akan membuatmu bahagia? Apakah ketika kalian menemukan seseorang dengan hobi yang sama itu membuatmu bahagia? Apakah ketika dirimu atau seseorang mendapat pengakuan dari orang lain membuatmu bahagia? Jika ia maka itulah kebahagiaan.

3.png

Source: Caligula Episode 2

 Saya lupa mengatakan suatu hal sebelum melanjutkan ke definisi selanjutnya. Di dalam anime ini ada seorang diva bernama μ yang mempunyai kekuatan untuk menciptakan suatu dimensi/dunia. Dalam dimensi ini, μ berusaha mewujudkan seluruh harapan orang – orang yang menyukai lagunya dengan cara menyeret mereka ke dunia buatannya. Alasannya mudah yaitu ia ingin membahagiakan semua orang. Untuk lebih detil nya bisa melihat artikel ini.

 Berikutnya adalah menurut SM. Secara keseluruhan Ia menyatakan bahwa kebahagiaan yang terbaik adalah ketika ia bisa bersama dengan ibu nya tercinta dan ia pula dapat meminta maaf atas kesalahan yang ia perbuat.

 Menurut KK, Kebahagian miliknya ialah ketika ia dapat merawat dan menyayangi anaknya serta bertanggung jawab layaknya seorang ibu.

 Menurut MI, kebahagian ialah ketika ia dapat melakukan apa yang sebenarnya ia inginkan dan dapat diterima oleh kedua orang tuanya. Artinya ia ingin bebas memilih dan melangkah untuk melakukan suatu perbuatan yang dapat membuat dirinya berharga.

 Lalu menurut KS, ia hanya ingin seseorang memperhatikannya dan ingin menjadi temannya. Hal kecil itu saja sudah membuatnya senang.

 Walau masih banyak tetapi sebut saja yang terakhir, MN menyatakan bahwa kebahagiannya ialah ketika ia dapat berinteraksi dengan orang lain secara langsung. Maksudnya seperti efek media sosial. Bagaikan mempunyai banyak teman sekaligus tidak mempunyai teman. Pembaca paham kan maksudnya?

7
8
11.jpg

Source: Caligula Episode 7

 Dari beberapa definisi diatas dapat kita simpulkan bahwa kebahagian adalah sesuatu yang membuat inner self dari setiap individu menjadi puas. Dikarenakan setiap inner self setiap orang beragam. Maka hanya orang itulah dapat menemukan kebahagian miliknya sendiri.


- iklan -
Tairitsuhttp://decasoft.herokuapp.com/
A programmer who likes Anime and JRPG, He is also doing music cover using Melodica that mainly cover J-song and J-games genre . Favorite game are SoulWorker Zero, Honkai Impact 3, and Lostsaga
ARTIKEL TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar

- Iklan -

Populer

Mungkin Tertarik