Halo pembaca sekalian! kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi anime yang mungkin bisa menjadi rujukan kepada pembaca mengenai salah satu genre yang paling saya minati. Alasannya cukup mudah yaitu Sci-fi ialah suatu genre di mana kita dapat menyaksikan ide – ide gila dan hal di luar nalar bagaikan imajinasi tetapi berasaskan logika. Berbeda dengan fantasi yang murni dengan hal ghaib dan irelevansi yang tinggi. Sci-fi dapat membawa satu langkah pemikiran irelavansi itu dengan data (ide) yang ada dan dituangkan dalam suatu gaya animasi yang unik dan menghibur (dan terkadang dibumbui sihirnya juga sih).

 Baiklah! Dari pada menunggu lama mari kita lanjut membaca!

***Warning Alert: Beberapa Anime di bawah ini mengandung unsur “Fanservice” dan spoiler minor***


Mahouka Koukou no Rettousei (The Irregular at Magic Highschool)

Saya tidak usah mengatakan bahwa apakah ini Sci-fi atau tidak. Bagi kalian penggemar anime senior pasti sudah mengetahui anime ini.

Menceritakan kisah sang kakak Shiba Tatsuya dan adiknya Shiba Miyuki yang diterima sebagai siswa sekolah menengah atas negeri satu. Dalam seleksi masuk SMA satu ini, mereka menerapkan sistem “scoring” di mana semakin baik proses penggunaan sihirmu maka semakin tinggi penilaian yang diberikan. Sang adik, Miyuki, mendapatkan skor yang sangat tinggi ketika test praktek itu dilaksanakan, namun sang kakak, Tatsuya, justru sebaliknya. Hal ini dikarenakan Tatsuya tidak terlalu mahir dalam “proses” tahapan sihir walau ia tahu apa yang harus ia lakukan dalam tahapannya.

Jika score mu rendah, kamu akan dikatakan seorang “Weeds”. Jika score mu tinggi maka kamu akan dikatakan seorang “Blooms”. Kedua kalimat ini menjadi pembatas antara suatu golongan dengan golongan lain sehingga bisa dikatakan terjadi “diskriminasi” tersirat dalam sekolah tersebut.

Daya tarik anime ini adalah Shiba Tatsuya itu sendiri. Walau ia lemah dalam “proses” penggunakan sihir. Tetapi dalam aspek lain seperti ilmu pengetahuan dan combat experience tidak ada seorang pun yang dapat menandinginya. Mau bukti? Lihatlah Scene ini:

Dari scene ini sudah cukup jelaskan apa yang saya maksud Sci-fi. Semua yang mereka lakukan menggunakan “sihir” berbasis teknologi namun konsep penggunakan sihir ini menggunakan asas logika (dalam hal ini fisika). Jadi, jika kamu belum pernah menonton, maka tontonlah. Ok saya kasih bonus deh, di anime ini banyak karakter yang “Waifunable” lhoo ahahaha.

Toaru Kagaku no Railgun (A Certain Scientific Railgun)

Dari ilustrasi di atas mungkin beberapa dari pembaca akan mengira anime ini adalah anime para gadis SMA dengan kehidupannya di zaman modern. Saya tidak menyalahkannya karena pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah. Tetapi, kalimat “para gadis SMA dengan kehidupannya” di sini bukanlah bagaikan sinetron. Melainkan menumpas suatu misteri terselubung yang terjadi di Academy City, kota di mana teknologi mutakhir diteliti dan rumah dari uji coba dan sekaligus pengawasan bagi mereka yang mempunyai kekuatan esper.

Di dalam Academy City terdapat 5 esper terkuat. Salah satunya adalah sang protagonis bernama Misaka Mikoto Sang Electromaster. Ia mempunyai kekuatan untuk memanipulasi aliran listrik dan tubuhnya sendiri dialiri aliran listrik. Saya tidak akan menyebutkan sisanya karena bahkan di animenya pun belum dijelaskan secara terbuka (Walau saya sudah tahu semuanya sih).

Anime ini mempunyai dua season yaitu Toaru Kagaku no Railgun dan Toaru Kagaku no Railgun S. sebagai catatan bahwa serial ini merupakan bagian dari parent Story atau bisa dibilang adaptasi sampingan namun berkaitan dengan cerita utamanya yaitu Toaru Majutsu no Index dan Toaru Majutsu no Index II. Artinya beberapa karakter di Index akan muncul di Railgun dan beberapa karakter Railgun akan muncul di Index. Lalu hal yang tidak dijelaskan di Index dijelaskan di Railgun dan sebaliknya. Kurang lebih seperti itu. Mau lihat serunya anime ini? Check this out!

Gakusen Toshi Asterisk (The Asterisk War)

Baiklah selanjutnya anime yang satu ini. Pasti akan ada yang berpikir atau yang sudah menonton anime ini menyatakan “Ini mah Anime Harem!”. Lagi – lagi ini tidak salah karena menurut Urban Dictionary definisi harem ialah sebuah genre dalam anime/manga di mana ada seorang lelaki biasa yang disukai banyak wanita (3 atau lebih) dan tergila – gila olehnya dan mereka akan memperebutkan perhatian dari lelaki tersebut.

Tetapi mengapa saya memasukan anime ini ke dalam Sci-fi? Karena unsur anime ini hampir 65% mirip seperti Mahouka di atas. Ia menggabungkan prinsip sihir dengan teknologi mutakhir dan menciptakan sihir berbasis teknologi. Lalu sebenarnya Anime ini hanya bersifat harem di awal season saja karena pada akhirnya (season 2) sang lelaki sudah memastikan “secara implisit” hanya memilih satu wanita saja dan menganggap yang lain hanya sekedar sahabat. bahkan para wanita lain pun sudah memahami hal ini.

 Gakusen Toshi Asterisk menceritakan seorang lelaki bernama Amagiri Ayato yang masuk ke dalam Seidoukan Academy yaitu satu dari enam sekolah elit Genestella. Ia masuk ke sana karena ingin mencari keberadaan kakak wanitanya yang hilang setelah mengikuti suatu event atas nama sekolah tersebut. Ia berharap akan menemukan petunjuk di sana. Namun, sesungguhnya yang menunggunya adalah banyaknya rintangan yang dapat membahayakan kehidupannya.

Hal menarik dalam anime ini adalah ia tidak hanya menjual nuansa Sci-fi dalam basis teknologi, namun ia juga menampilkan tatanan kota dan seluk beluk yang begitu cantik dan indah. Musik karya Rasmus Faber membuat kota ini bagaikan suatu kota Utopia dan sejujurnya saya sudah jatuh cinta terhadap kota tersebut. Lalu yang terakhir ialah konflik utama di sini bukanlah seperti typical anime kebanyakan di mana lawan yang lebih kuat akan selalu muncul di akhir, melainkan unsur – unsur “terselubung” lah (berbau agak politik dan negosiasi gelap) yang muncul hampir di setiap premisnya.

Dimension W

Mungkin yang satu ini jarang ada yang tahu tetapi baiklah saya akan langsung ke poin intinya saja. Anime menceritakan tentang ditemukannya suatu dimensi yang baru yaitu dimensi ke empat. Kita tahu bukan bahwa di dunia kita hanya memiliki tiga dimensi yaitu X, Y, dan Z. Maka anime ini menemukan dimensi keempat dan diberi nama W.

Manusia kemudian memanfaatkan dimensi tersebut karena ternyata dengan memanfaatkan hal itu manusia telah menemukan suatu sumber daya energi yang baru. Sumber energi yang tidak terbatas dan akhirnya dapat menggeser penggunaan minyak bumi dan sumber daya lainnya. Sumber daya ini akhirnya dibentuk dalam bentuk “coil” semacam kepingan energi untuk pembangkit (semacam baterai).

Lalu sang tokoh utama, Mabuchi Kyouma, adalah seorang “collector” yaitu orang – orang yang mencari coil ilegal yang beredar dan menyerahkannya atas dasar uang. Tetapi dalam perkembangannya justru Kyouma bertemu oleh seorang Android wanita bernama Mira yaitu ciptaan dari profesor atau penemu dari dimensi w tersebut dan sejak itulah petualangan mereka terjadi untuk membuktikan mengenai kejanggalan dari dimensi keempat ini.

Caligula (The Caligula Effect)

Caligula menceritakan seorang karakter utama bernama Ritsu yang menyadari kejanggalan tiap kejanggalan dalam kehidupan SMA nya. Sampai suatu ketika ternyata ia pun sadar bahwa dunia yang ia tempati saat ini bukanlah dunianya, melainkan dunia artificial yang telah diciptakan oleh seorang Virtual Idol bernama μ (dibaca Miu/Myu/mu). μ menciptakan dunia tersebut agar orang – orang di sana merasakan kebahagiaan layaknya di surga. Mereka yang tinggal di sana tidak perlu mengingat apa – apa dan hidup layaknya apa yang mereka inginkan.

Dalam perjalanannya ada orang – orang yang sadar terhadap keberadaan dunia tersebut (seperti Ritsu) dan lahirlah dua fraksi yaitu “The Rogue” (Pemberontak) yang ingin kembali ke dunia nyata walau harus melupakan kenikmatan “fana” ini. Lalu “The Musicians” yang menjaga agar dunia “fana” ini tetap terjaga dan tak akan membiarkan dunia imajiner ini hancur dan kekal di sana selamanya.

Tinggalkan Balasan